Bermotif Pucuk Rebung, Ini Makna Baju Adat Babel yang Dipakai Jokowi

16 August 2022, 12:10

 Presiden Jokowi mengenakan baju adat dari Bangka Belitung di Sidang Tahunan MPR RI, 16 Agustus 2022. (Instagram/@sekretariat.kabinet)

SOLOPOS.COM – Presiden Jokowi mengenakan baju adat dari Bangka Belitung di Sidang Tahunan MPR RI, 16 Agustus 2022. (Instagram/@sekretariat.kabinet)

Solopos.com, SOLO — Dalam Sidang Tahunan MPR RI, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan baju ada dari Bangka Belitung berwarna hijau. Baju adat tersebut bernam Baju Paksian.

Baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi tersebut ternyata penuh makna. Motif pucuk rebung yang ada di Baju Paksian ini bermakna kesejukan, harapan, dan pertumbuhan.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Baju adat yang saya kenakan Baju Paksian dari Provinsi Bangka Belitung. Motifnya bernama pucuk rebung yang melambangkan kerukunan. Warna hijau karena mengandung filosofi kesejukan, harapan dan pertumbuhan,” ucap Jokowi dalam pidato kenegaraan yang ia sampaikan dalam Sidang Tahunan MPR RI, Selasa (16/8/2022).

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi yang mengenakan baju adat dari Bangka Belitung mengimbau masyarakat Indonesia untuk waspada terhadap krisis yang melanda dunia.

Baca Juga: Berbaju Adat Bangka Belitung, Ini Potret Jokowi di Sidang Tahunan MPR

“Kita harus selalu waspada, hati-hati dan selalu siaga [karena] krisis demi krisis terus menghantui dunia. Geopolitik dunia mengancam kawasan. Kita harus selalu eling lan waspada [ingat dan waspada],” tambah Jokowi, sebagaimana disiarkan langsung oleh Metro TV.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta (16/8/2022). Presiden dan Ibu Iriana tiba sekitar pukul 09.30 WIB dan bersama-sama dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin serta Ibu Wury Ma’ruf Amin.

Baca Juga: Contoh Teks Doa Upacara 17 Agustus 2022 dalam Rangka HUT ke-77 RI

Jika Presiden Jokowi mengenakan pakaian dari Bangka Belitung, Ma’ruf Amin tampak terlihat memakai baju adat dari  Solo, Jawa Tengah, yakni sikepan hitam.

Sementara itu, Iriana Jokowi tampil anggun dengan mengenakan kebaya berwarna merah muda lengkap dengan hijab berwarna senada. Penampilan Iriana Jokowi tersebut dilengkapi dengan kain batik berwarna cokelat.

Baca Juga: Jejak Perjuangan Kemerdekaan Indonesia di Solo, Bangunan Ini Jadi Saksi


https://www.solopos.com/bermotif-pucuk-rebung-ini-makna-baju-adat-babel-yang-dipakai-jokowi-1395222?utm_source=terkini_desktop

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi