Berikut Cara Dapatkan Sertifikat pada Kegiatan PCB Terpadu KPK

19 August 2022, 1:46

https: img.okezone.com content 2022 08 19 337 2650382 berikut-cara-dapatkan-sertifikat-pada-kegiatan-pcb-terpadu-kpk-rsNavJaU31.jpg

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengupayakan pencegahan tindak pidana korupsi. Salah satunya memberikan pembelajaran antikorupsi kepada partai politik (parpol).

Dalam hal ini, KPK menggelar e-learning pembekalan antikorupsi untuk parpol. Nantinya, para peserta akan mendapatkan sertifikat telah mengikuti dan dinyatakan lulusan dalam e-learning Politik Cerdas Berintegritas (PCB).

Pertama, masuk ke Learning Management System (LMS) ACLC KPK. Kemudian klik tombol daftar hingga muncul klik daftar sekarang.

BACA JUGA:Bekali Pengurus Partai Perindo, KPK: Melanjutkan Perjuangan Para Pahlawan 

Setelah itu, peserta akan diminta membuat akun dengan mengikuti prosedur yang tersedia. Di dalamnya, sudah diterangkan untuk apa saja yang harus dilengkapi.

 

Setelah berhasil mendaftar akun, peserta diminta mendaftar ke kelas e-learning dengan menyertakan enrolment key masing-masing partai. Enrolment key adalah kata kunci yang dibutuhkan untuk masuk ke sebuah kelas yang sifatnya terbatas, di mana masing-masing partai memiliki enrolment yang berbeda-beda dan sudah disebutkan dala e-learning.

Setelah berhasil mendaftar kelas, kemudian peserta akan diminta mengerjakan soal yang terbagi dalam lima modul. Dalam pengerjaannya, diharuskan berurutan dari modul satu hingga modul kelima.

 BACA JUGA:KPK Beri Pembekalan Antikorupsi ke Pengurus Partai Perindo

Setelah semua modul dikerjakan, peserta diminta men-submit jawaban-jawaban mereka. Untuk mendapatkan sertifikat, klik tombol penutup dan unduh sertifikat kemudian pilih unduh sertifikat kelulusan e-learning politik cerdas berintegritas. Jika dinyatakan lulus, maka sertifikat bisa diunduh.

Diketahui, beberapa parpol menjadikan sertifikat tersebut sebagai salah satu syarat untuk mendaftarkan diri sebagai Bacaleg. Salah satu parpol tersebut adalah Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

“Nanti rekan-rekan yang ingin mencalonkan diri sebagai caleg dari Perindo itu nanti akan kami masukkan sebagai salah satu syarat adalah mengikuti pendidikan atau jalur mekanisme oleh KPK yang sudah KPK buat melalui PCB,” kata Ketua Bidang Hukum dan HAM DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Tama S. Langkun kepada MNC Portal Indonesia di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK (ACLC) di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa 9 Agustus 2022.

“Kita berharap semua temen-temen mengikuti giat itu kemudian bisa mendapatkan sertifikat di sana,” ucapnya.

Tama menyebutkan, dengan menjadikan pendidikan antikorupsi sebagai salah satu syarat nyaleg di Perindo akan memberikan dampak positif. Salah satunya, menjadi bekal pengetahuan bagi para caleg Perindo untuk mengerti soal apa itu korupsi.

“Mengerti tindakan mana yang boleh dan tidak boleh, karena ini penting bagi partai mengingat Perindo juga menjadikan agenda antikorosupsi menjadi salah satu agenda penting partai,” tuturnya.


https://nasional.okezone.com/read/2022/08/19/337/2650382/berikut-cara-dapatkan-sertifikat-pada-kegiatan-pcb-terpadu-kpk?page=1

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi