Bendera Merah Putih Berkibar di Istana Merdeka, Jokowi Tepuk Tangan

17 August 2022, 10:48

Upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia akan digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022). Sejumlah masyarakat pun tampak antusias mengikuti upacara HUT ke-77 RI.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, masyarakat sudah mulai berdatangan ke Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta sejak pukul 08.00 WIB. Mereka datang dengan memakai baju adat dari sejumlah daerah di Indonesia.

Tampak para warga datang dengan memakai baju adat dari Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan. Bahkan, salah satu warga yang antusias sampai rela menyewa baju adat demi menghadiri Upacara HUT ke-77 RI di Istana.

“Senang sekali bisa datang upacara di Istana. Ini saya pakai baju adat Sumatera Utara menyewa kemarin,” kata salah satu warga bernama Muhammad Yaqub dari Jakarta Timur.

Hal yang sama juga disampaikan warga Bogor bernama Almira sangat senang bisa mengikuti upacara di Istana. Pasalnya, ini kali pertamanya Almira datang langsung ke Istana untuk ikut Upacara HUT ke-77 RI.

“Seneng sekali, ini pertama kalinya saya ikut,” ucap dia.

Sebelumnya, pihak Istana menyelenggarakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-77 RI pada 17 Agustus 2022 secara terbuka, dengan mengundang masyarakat dengan jumlah terbatas.

Ini kali pertamanya pihak Istana mengundang masyarakat secara terbuka sejak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia pada 2020 lalu

Sebanyak 2.000 masyarakat diundang untuk menghadiri langsung Upacara HUT ke-77 RI pada 17 Agustus 2022 di Istana Merdeka Jakarta. Pihak Istana menerapkan protokol kesehatan secara ketat, mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Memang betul bahwa tahun ini masyarakat akan kita ikut sertakan secara fisik langusng. Namun, juga kami menerapkan treatment kesehatan yang sangat ketat,” ujar Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam konferensi pers Sekretariat Presiden, Senin (1/8/2022).

Dia menyampaikan masyarakat yang menghadiri langsung upacara HUT ke-77 RI di Istana harus sudah menerima vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster. Selain itu, masyarakat wajib melakukan tes swab antigen.

Pihak Istana juga akan menyiapkan barcode di sejumlah pintu-pintu masuk. Masyarakat harus melakukan scan barcode sebelum masuk ke lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta.


https://www.liputan6.com/news/read/5044473/bendera-merah-putih-berkibar-di-istana-merdeka-jokowi-tepuk-tangan

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi