Bendera Merah Putih 77 Meter Berkibar di Dasar Laut Manokwari, Dibentangkan 50 Penyelam

17 August 2022, 12:37

PIKIRAN RAKYAT – Pengibaran bendera Merah Putih sepanjang 77 x 4 meter di dasar laut Pulau Raimuti, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, telah dibentangkan oleh 50 penyelam gabungan pada puncak HUT ke-77 RI, Rabu, 17 Agustus 2022.

Dikibarkan oleh 50 penyelam gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Basarnas, dan komunitas selam Manokwari, dengan rasa semangat patriotisme, bendera Merah Putih dibentangkan di dasar laut untuk membangkitkan rasa nasionalisme masyarakat pesisir Manokwari

Wakil Asisten Staf Operasi (Waasops) Kasdam XVIII/Kasuari, Letkol Inf Gatot Teguh Waluyo mengungkapkan, pembentangan bendera Merah Putih di dasar laut Manokwari tersebut menunjukkan bahwa wilayah Papua Barat hingga kini seutuhnya milik Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Teguh menyebutkan, para patriot penyelam juga mengajak masyarakat pesisir Manokwari untuk mengisi hari Kemerdekaan Indonesia dengan menjaga laut dan ekosistem di dalamnya dari berbagai macam kejahatan.

Baca Juga: Anak Jusuf Hamka Bagikan Cokelat yang Dicuri Mariana ke Semua Karyawan Alfamart, Beri Pesan Menohok

“Sebagai generasi penerus dan penikmat kemerdekaan, kita semua bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan laut dan pesisir pantai dari kegiatan-kegiatan ilegal yang bertentangan dengan aturan yang berlaku di NKRI,” kata Gatot Teguh Waluyo seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Sementara itu, di lain lokasi tepatnya di perairan Taman Laut Pandanan, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat juga turut mengibarkan bendera Merah Putih di bawah laut untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia.

Dalam proses pengibaran bendera Merah Putih di dalam Perairan Taman Laut Pandanan tersebut, diarahkan sebanyak 77 penyelam yang melibatkan sejumlah penyelam gabungan. 

Pengibaran bendera Merah Putih di dalam laut tersebut melibatkan penyelam dari Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Denpasar, Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kupang Wilayah Kerja Gili Matra, Balai Konservasi Perairan Nasional Kupang, dan Wilayah Kerja Gili Matra.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015295240/bendera-merah-putih-77-meter-berkibar-di-dasar-laut-manokwari-dibentangkan-50-penyelam

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi