Belasan Santri di Bantul Keracunan Usai Santap Makan Siang

23 October 2022, 22:34

BANTUL – Belasan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Barokah di Padukuhan Kranggan, Kalurahan Murtigading, Kapanewon Sanden, Bantul diduga keracunan, pada Sabtu 22 Oktober 2022 malam. Para korban dilarikan ke puskesmas setempat.

Peristiwa keracunan ini bermula ketika puluhan santri mengikuti perayaan Hari Santri Nasional (HSN) di Lapangan Paseban Bantul. Usai mengikuti perayaan tersebut, mereka mendapat makan siang bersama. 

Kala itu tidak ada hal yang aneh ataupun mencurigakan. Semua berjalan normal dan santripun kembali melakukan aktivitas biasa di ponpes tersebut. Mereka belum merasakan gejala apapun.
Baca juga: Pegawai Minimarket Tewas Keracunan Asap Genset
Namun sekitar pukul 19.00 WIB, satu per satu santri mengalami mual, muntah dan pusing. Sehingga total 15 santri dilarikan ke puskesmas setempat. 

Kapolsek Sanden AKP Haryanto ketika dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut. Awalnya hanya ada 1 pasien yang memeriksakan diri di Puskesmas Sanden dengan keluhan mual, pusing dan muntah.

“Kemudian menyusul 11 pasien lagi, jadi total 15 pasien terdiri dari 4 laki-laki dan 11 perempuan,” kata dia Minggu (23/10/2022) sore.

Sejauh ini tercatat ada 15 orang santri yang diduga mengalami keracunan. Mereka terdiri dari 4 laki-laki dan 11 perempuan. Namun sebagian besar dari mereka sudah dikembalikan ke Pondok Pesantren.

Pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) akan melakukan observasi ke pondok pesantren. Kendati demikian, pihakya belum menerima pemberitahuan  apakah belasan santri itu mengalami keracunan atau bukan.

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi