Belasan Rumah Retak Akibat Tanah Bergerak di Tegal

8 June 2022, 11:52

Rabu, 8 Juni 2022 – 11:48 WIB

VIVA – Fenomena pergerakan tanah terjadi di Desa Kajen, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, pada Selasa, 7 Juni 2022. Sebanyak 15 unit rumah milik 15 KK mengalami keretakan di beberapa bagian dinding, sebagai dampak dari fenomena tersebut.

Petugas BPBD Tegal menyaksikan retakan di sebuah rumah.

Petugas BPBD Tegal menyaksikan retakan di sebuah rumah.

Hujan Lebat

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, menyampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tegal dalam laporan tertulis menyatakan fenomena itu bermula ketika hujan dengan intensitas lebat terjadi di wilayah Desa Kajen dan sekitarnya pada hari Senin, 6 Juni 2022, disertai struktur tanah yang labil sehingga mengakibatkan pergerakan tanah secara dinamis di DAS Gung, kurang lebih 10 meter dari bibir sungai pada hari Selasa, 7 Juni 2022, pukul 20:00 WIB.

“Sebagai upaya penanganan darurat, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Tegal melakukan pendataan ke lokasi dan berkoordinasi dengan perangkat desa setempat untuk memastikan warga serta mengarahkan ke zona aman,” kata Muhari melalui siaran persnya, Rabu, 8 Juni 2022.

Baca juga: Tanah Bergerak di Bogor, Seratusan Warga Mengungsi

Muhari mengatakan hujan dengan intensitas ringan masih berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Tegal hingga Jumat, 10 Juni 2022, sebagaimana menurut prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1482824-belasan-rumah-retak-akibat-tanah-bergerak-di-tegal?terbaru=1

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi