Begini Pengetatan Prokes Untuk PPDN, Salah Satunya Nggak Boleh Nelepon Di Sepanjang Perjalanan

2 April 2022, 23:10

RM.id  Rakyat Merdeka – Pemerintah menegaskan, setiap individu yang melaksanakan perjalanan orang wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer). 

Berikut pengetatan protokol kesehatan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN), sesuai Surat Edaran Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19, yang diteken Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto pada Sabtu (2/4):

Berita Terkait : IPDN Kemendagri Gelar Vaksinasi Booster Serentak Di Delapan Daerah

a. Menggunakan masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut dan dagu.

b. Mengganti masker secara berkala setiap empat jam, dan membuang limbah masker di tempat yang disediakan.

Berita Terkait : Presiden PKS Luncurkan Sekolah Tani Ternak Nelayan Di Karanganyar

c. Mencuci tangan secara berkala menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer, terutama setelah menyentuh benda yang disentuh orang lain.

d. Menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain serta menghindari kerumunan.

Berita Terkait : Bos Pupuk: Bahaya, Kalau Anak Muda Nggak Mau Terjun Ke Dunia Pertanian

e. Tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon, ataupun secara langsung sepanjang perjalanan dengan moda transportasi umum darat, perkeretaapian, laut, sungai, danau, penyeberangan, dan udara.

f. Tidak diperkenankan untuk makan dan minum sepanjang perjalanan penerbangan bagi perjalanan yang kurang dari 2 jam. Kecuali, bagi individu yang wajib mengkonsumsi obat dalam rangka pengobatan, yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut. [HES]


https://rm.id/baca-berita/government-action/118922/se-satgas-covid-no-16-tahun-2022-begini-pengetatan-prokes-untuk-ppdn-salah-satunya-nggak-boleh-nelepon-di-sepanjang-perjalanan

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Statement

Fasum

Transportasi