Bawaslu RI Tak Bisa Memproses Kasus Pencatutan Nama di Pemilu 2024

16 August 2022, 11:15

Bawaslu RI Tak Bisa Memproses Kasus Pencatutan Nama di Pemilu 2024

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anggota Badan Pengawas Pemilu RI (Bawaslu RI), Puadi menegaskan bahwa lembaganya tidak bisa melakukan proses hukum terhadap pelaku pencatutan nama di Pemilu 2024. Dia mempersilahkan masyarakat melapor ke kantor kepolisian setempat.

Menurutnya, pencatutan nama tidak masuk dalam kategori tindak pidana pemilu sebagaimana diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Dia menyarankan agar masyarakat terus mengecek hak suaranya di aplikasi.

Kemudian, Puadi berharap masyarakat lebih cerdas dalam menghadapi pemilu 2024. Apalagi berbagai terobosan sudah disiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), salah satunya adalah digitalisasi lembaga yang memudahkan masyarakat dapat informasi.

“Di norma, perbuatan, ini tidak ada dugaan pelanggaran pidana pemilunya. Ini masuknya di pidana umum. Oleh karena itu, kita ingin mengedukasi masyarakat agar lebih cerdas mengikuti pilkada 2024,” kata Puadi di Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Lebih lanjut, Puadi juga mengingatkan kepada penyelenggara pemilu baik pengawas pemilu maupun KPU untuk segera meminta parpol mencoret namanya dari anggota atau pengurus parpol. Pasalnya, jika penyelenggara pemilu diam, maka akan dianggap bagian dari parpol.

Puadi mengimbau kepada jajarannya untuk menyampaikan keberatan dulu kepada parpol.

“Langkah itu dulu karena kalau dia tidak melakukan keberatan ini aspek etika nantinya, bagaimana mungkin penyelenggara pemilu masuk di ruang sebagai anggota atau pengurus parpol,” pungkas Puadi, Anggota Bawaslu RI. (*)

 

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/423491/bawaslu-ri-tak-bisa-memproses-kasus-pencatutan-nama-di-pemilu-2024

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi