Baru Diluncurkan, Ini Fungsi dan Tujuan Sistem Nasional Neraca Komoditas

30 May 2022, 22:59

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui berbagai macam fasilitas ekspor dan impor, salah satunya dengan implementasi Sistem Nasional Neraca Komoditas (SNNK).

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan implementasi neraca komoditas memberikan manfaat bagi para pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah hingga para pelaku usaha.

Bagi pemerintah, SNNK bisa digunakan sebagai referensi utama dalam membuat kebijakan dengan berdasarkan kepada data. Hal tersebut akan memberikan kepastian dan kualitas kebijakan karena data diharapkan bersifat cepat, akurat, dan objektif. Mengingat saat ini informasi yang tersedia masih tersebar di berbagai Kementerian/Lembaga teknis.

“Dengan adanya neraca ini, maka integrasi dan sinergi dari berbagai policy yang dikeluarkan oleh Kementerian/Lembaga diharapkan bisa jauh lebih positif, lebih kuat, dan lebih komprehensif sehingga tidak saling menafikan satu sama lain,” kata Sri Mulyani pada acara Talkshow Neraca Komoditas, Jakarta, Senin (30/5).

Bagi sisi pelaku usaha, neraca komoditas akan memberikan informasi yang akurat, tepat waktu, serta efisien dalam merencanakan berbagai kegiatan usahanya. Mulai dari pengajuan izin hingga perencanaan untuk impor maupun ekspor, serta kepastian dari proses administrasi.

“Pelaku usaha dapat melakukan monitoring progres dari setiap tahapannya secara real-time sehingga transparansi dan efisiensi akan makin meningkat,” kata dia.

 

Kejaksaan Agung Republik Indonesia menetapkan tersangka baru terkait kasus korupsi pemberian fasilitas ekspor CPO dan turunannya termasuk minyak goreng pada Januari 2021-Maret 2022. Ekonom terkenal Lin Che Wei alias Weibinanto Halimdjati selaku pihak…


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4974735/baru-diluncurkan-ini-fungsi-dan-tujuan-sistem-nasional-neraca-komoditas

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi