Banyak Startup Lakukan PHK, Apa Alasannya?

8 June 2022, 12:06

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com – Baru-baru ini, berbagai platform media sosial ramai membahas perusahaan startup yang secara besar-besaran mem-PHK para karyawannya. Isu ini pun muncul kembali setelah dua tahun lalu, yaitu awal mula hadirnya pandemi Covid-19 yang berimbas ke banyak sektor.

Salah satu perusahaan rintisan yang menjadi sorotan adalah Zenius. Perusahaan rintisan berbasis teknologi dan edukasi ini menjadi sorotan karena telah memutus hubungan kerja dengan lebih dari 200 karyawannya.

Dalam siniar Obsesif musim kelima bertajuk “Ini Alasan Perusahaan Layoff Pekerja”. Mincot, admin HRD Bacot, pun menjelaskan lebih lanjut perihal alasan perusahaan rintisan ini ramai-ramai melakukan layoff atau PHK.

Apa itu PHK?

PHK yang merupakan singkatan dari Pemutusan Hubungan Kerja adalah pemberhentian status kekaryawanan oleh perusahaan karena suatu hal tertentu yang mengakibatkan berakhirnya hak dan kewajiban antara pekerja dan pengusaha.

Ada beberapa hal yang menyebabkan PHK ini terjadi, seperti implementasi teknologi terbaru dan pengunduran diri sukarela. Akan tetapi, biasanya karena penurunan pendapatan secara drastis sehingga mau tak mau membuat perusahaan melakukan penghematan.

Baca juga: Kuliah Sambil Kerja, Apakah Bisa Seimbang?

Sementara itu, yang dilakukan oleh para perusahaan rintisan adalah karena adanya efisiensi tenaga kerja. Menurut Mincot, hal ini dilakukan oleh perusahaan tersebut karena diprediksi mereka tak mampu membayar para karyawan sebelum terjadinya krisis.

Meskipun begitu, keputusan ini bukan dilakukan dengan sembarangan. Justru, PHK biasanya adalah pilihan terakhir yang perusahaan punya.

Sebelum memutuskan untuk mem-PHK karyawannya, perusahaan bisa saja melakukan usaha, seperti menghentikan perekrutan terbuka, efisiensi biaya nonoperasional karyawan dan menjual aset.

Jika tiga usaha itu tak mampu membantu, baru setelah itu perusahaan harus melakukan PHK dan penutupan secara permanen.


https://money.kompas.com/read/2022/06/08/120000026/banyak-startup-lakukan-phk-apa-alasannya-

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi