Bantul Kebobolan Pengunjung Masuk Parangtritis

16 September 2021, 14:30

Bantul Kebobolan Pengunjung Masuk Parangtritis

BANTUL, KRJOGJA.com – Karena wilayah DIY masih berstatus PPKM level 3, maka objek wisata belum dibuka untuk pengunjung, kecuali hanya bebera objek wisata yang uji coba. Salah satu objek wisata untuk uji coba di Bantul adalah hutan Pinus.

Tetapi Minggu (12/9/2021) lalu objek wisata kawasan pantai Parangtritis Kretek Bantul sudah dibanjiri pengunjung luar daerah. Tidak kurang dari 60 masuk Pantai Parangtritis.

Wakil Bupati Bantul, Joko B Purnomo yang juga sebagai ketua harian Satgas Covid Pemkab Bantul kepada KRJOGJA.com Rabu (15/9/2021) membenarkan jika Minggu lalu Parangtritis kebobolan pengunjung luar daerah masuk Parangtritis. Bahkan Joko mengatakan ada ratusan bus yang masuk Pantai Parangtritis. Padahal mestinya Parangtritis belum dibuka untuk pengunjung.

Menurut Wakil Bupati, sebenarnya selama PPMK dan adanya larangan dari pemerintah pusat untuk penutupan objek wisata, Pemkab Bantul sudah berusaha melakukan penjagaan dan penyekatan agar pengunjung tidak masuk ke objek wisata. “Selama masih ada larangan dari pemerintah pusat, kami kenceng melarang pengunjung masuk ke objek wisata. Penjagaan juga sudah dilakukan oleh Polri dan TNI,” papar Wakil Bupati.

Masuknya banyak bus ke kawasan wisata Parangtritis Minggu lalu melalui jalan dusun yang tidak sempat dijaga, bahkan ada yang datang tengah malam ketika petugas sedang istirahat.

Dengan kejadian di Parangtritis Minggu lalu, Wakil Bupati Bantul menegaskan kejadian tersebut tidak boleh terulang lagi. “Harus kenceng pengunjung tidak boleh masuk, sebelum ada peraturan dari pusat membuka objek wisata,” tegas Wakil Bupati Bantul.

Joko juga minta kesadaran pengunjung wisata, terutama asal luar daerah agar bersabar dan mengikuti aturan pemerintah. Karena semua ini juga merupakan upaya mencegah penularan Covid yang sekarang sudah mulai ada penurunan.

Sementara anggota Komisi B DPRD Bantul dari PAN, Wildan Nafis SE menyayangkan kejadian kebobolan pengunjung masuk Parangtritis tersebut. Karena selama DIY masih status PPKM leves III semua objek wisata belum boleh dibuka untuk pengunjung, kecuali yang untuk uji coba.

Nafis berharap pemerintah agar melakukan pencegahan lebih ketat dan lebih gencar mensosialisasikan kepada masyarakat, bahwa objek wisata di Bantul belum dibuka untuk pengunjung, sebelum ada penurunan level PPKM atau berakhir pemberlakuan PPKM. (Jdm)


Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi