Bandung Zona Merah COVID-19, Jalan Utama Ditutup di Akhir Pekan

17 June 2021, 11:34

Bandung Zona Merah COVID-19, Jalan Utama Ditutup di Akhir Pekan

MerahPutih.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama Polrestabes Bandung memutuskan akan menutup sejumlah ruas jalan utama Kota Bandung mulai akhir pecan ini. Penutupan jalan akan diterapkan pada siang hari.

Penutupan jalan sebagai bentuk kebijakan pengetatan terhadap pergerakan warga, merespos meningkatnya kasus COVID-19 di Kota Bandung belakangan ini. Langkah ini juga sebagai respons terhadap keputusan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang telah menetapkan wilayah Bandung Raya Siaga 1.

Baca Juga:

Satgas COVID-19 Ungkap Bukti Libur Panjang Picu Lonjakan Kasus

Bandung Raya meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi. Keempat daerah ini mengalami lonjakan kasus baru yang signifikan.

Bahkan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat ditetapkan sebagai zona merah, mengingat tingginya kasus positif aktif di dua wilayah yang mengapit Kota Bandung di selatan dan barat tersebut.

“Ada perluasan penutupan jalan selama 14 hari ke depan,” kata Wali Kota Bandung, Oded M Danial usai Rapat Terbatas di Balai Kota Bandung, Rabu (16/6).

Kapolrestabes Bandung, Ulung Sampurnajaya mengatakan, penambahan waktu penutupan jalan untuk menekan mobilitas masyarakat. Termasuk meminimalisir warga luar kota untuk masuk Kota Bandung.

Penambahan waktu penutupan jalan, kata Ulung, hanya akan berlaku pada weekend atau akhir pekan. Yakni Jumat, Sabtu, dan Minggu. Sementara pada Senin sampai Kamis, kepolisian akan melihat situasi dan perkembangan di lapangan.

Jika diperlukan, Senin sampai Kamis juga akan dilakukan penutupan. Penyekatan dilakukan pada pukul 14.00-16.00 WIB dan hanya dilakukan di Ring 1 dan Ring 2, yakni di pusat Kota Bandung.

“Jadi demi menekan mobilitas masyarakat agar tidak berkerumun ataupun masuk ke dalam Kota Bandung,” ucapnya.

Sedangkan untuk penutupan jalan di Ring 1, Ring 2, dan Ring 3 akan tetap dilakukan setiap hari yaitu mulai pukul 18.00 WIB hingga 06.00 WIB. Pemberlakuan kebijakan tersebut, semata-mata demi kebaikan dan keamanan bersama.

Kapolrestabes Bandung, Ulung Sampurnajaya
Kapolrestabes Bandung, Ulung Sampurnajaya. (Foto:Humas Kota Bandung)

“Karena semuanya sudah dilakukan penutupan-penutupan, artinya masyarakat tidak bisa berlebihan dalam melaksanakan kegiatan aktifitasnya,” katanya.

Perlu diketahui, Ring 1 meliputi Jalan Oto Iskandar Di Nata, Alun-Alun Timur, Asia Afrika – Tamblong, Naripan-Tamblong, Braga, Banceuy-Asia Afrika, Lembong-Tamblong, Purnawarman, Merdeka, Ir. H. Djuanda dari Cikapayang sampai ke Simpang Dago, dan Jalan Dipatiukur.

Ring 2 di sepanjang Jalan Lingkar Selatan yang mengarah ke pusat kota. Tepatnya mulai dari Jalan Pasirkoja sampai ke persimpangan Jalan Ahmad Yani-L.L.R.E. Martadinata.

Ring 3 meliputi lokasi perbatasan Kota Bandung dengan wilayah sekitarnya, yakini Terminal Ledeng, Cibeureum, dan BUnderan Cibiru. Termasuk sejumlah pintu tol, yaitu pintu tol Pasirkoja, Kopo, Moh. Toha, Buahbatu, dan Tol Pasteur. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Sekat Perbatasan Zona Merah COVID-19, Korlantas Dirikan Ratusan Check Point


https://merahputih.com/post/read/bandung-zona-merah-covid-19-jalan-utama-ditutup-di-akhir-pekan

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi