Bagaimana Pertimbangan Perusahaan dalam Melakukan Merger?

3 April 2022, 20:05

Ilustrasi merger.

Oleh: Fauzi Ramadhan dan Fandhi Gautama

KOMPAS.com – Pada tahun 2021 lalu, publik diramaikan dengan bergabungnya dua perusahaan rintisan (startup) teknologi terbesar di Indonesia, yaitu Gojek dan Tokopedia. Merger keduanya menghasilkan sebuah grup bernama “GoTo”.

Melalui merger ini, Kompas Money menyebutkan bahwa GoTo memiliki total Gross Transaction Value gabungan lebih dari 22 miliar dollar AS. Selain itu, merger juga menggabungkan transaksi menjadi sebesar 1,8 miliar pada tahun 2020.

Merespons hal ini, Wisnu Nugroho, Pemimpin Redaksi Kompas.com, berkesempatan berdiskusi bersama Chief Executive Officer (CEO) dua startup besar tersebut, yakni Kevin Aluwi, CEO Gojek, dan William Tanuwijaya, CEO Tokopedia melalui siniar (podcast) Beginu episode “Siasat Gojek dan Tokopedia Bergabung Saat Pandemi”.

Dari merger tersebut, kita jadi memahami bahwa adalah penggabungan menjadi suatu kemungkinan untuk dua perusahaan yang berbeda demi ekspansi besar.

Merger, Mengkombinasi Dua atau Lebih Perusahaan
Menurut artikel dalam situs U.S. Small Business Administration, merger adalah penggabungan dua perusahaan terpisah menjadi satu badan hukum baru.

Akan tetapi, dalam artikel tersebut, merger “sejati” jarang terjadi karena tak banyak dua perusahaan setara yang memutuskan untuk menggabungkan sumber daya dan staf, termasuk CEO mereka, apalagi saling menguntungkan.

Serupa tapi tak sama, merger memiliki kemiripan dengan akuisisi. Masih dalam sumber yang sama, akuisisi tidak menghasilkan suatu badan hukum baru, melainkan diserap sepenuhnya oleh perusahaan pengakuisisi. Mengakuisisi perusahaan justru mirip dengan membeli perusahaan, bisnis, atau waralaba yang sudah ada.

Baca juga: Induk GoTo Ganti Nama Jadi PT GoTo Gojek Tokopedia, Kenapa?

Jenis Penggabungan dalam Merger

Merangkum artikel yang dipublikasi oleh Binus University of Business School, terdapat lima jenis merger.

Pertama, merger horizontal, yaitu penggabungan dua atau lebih perusahaan dalam industri dan pasar yang sama. Sebelum adanya merger, masing-masing perusahaan adalah kompetitor.


https://money.kompas.com/read/2022/04/03/193644026/bagaimana-pertimbangan-perusahaan-dalam-melakukan-merger

 

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi