Badan Pangan Nasional Minta BUMN Optimalkan Serap Gabah Petani

30 May 2022, 20:58

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Pangan Nasional / NFA (National Food Agency), Arief Prasetyo Adi meminta Pelaku usaha, BUMN Pangan untuk bersama – sama menjaga harga Gabah Kering Panen (GKP) sebesar Rp 4.200 per kg.

Hal tersebut dikatakannya ketika menghadiri pertemuan dengan Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (PERPADI) wilayah Yogyakarta.

“Agar gabah petani tidak jatuh, pelaku usaha maupun BUMN pangan BULOG diharapkan dapat meningkatkan serapan gabah sesuai acuan yang ditetapkan Pemerintah Rp 4.200 / Kg untuk GKP,” jelas Arief, Senin (30/5/2022).

Menurutnya peningkatan serapan gabah ini dapat menguatkan stok pangan nasional, membantu menjaga ketersediaan beras dan stabilitas harga serta dapat menyejahterakan Petani karena produksi gabahnya telah banyak diserap dan tidak jatuh.

“Kita lihat di beberapa negara seperti India, Vietnam dan Thailand yang berencana membatasi ekspor bahan pokok. Oleh karenanya perlunya penguatan stok pangan nasional dengan sistem Dynamic Stock,” tegas dia.

Arief melanjutkan serapan gabah dapat melalui skema Cadangan Beras Pemerintah (CBP) maupun B2B atau Komersial.

 

Ribuan hektar padi milik petani di nam kecamatan di Ngawi, Jawa Timur rusak diserang hama tikus. Mengantisipasi semakin parahnya serangan hewan pengerat tersebut, puluhan petani membakar sarang tikus, dan berupaya membuat rumah burung hantu.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4974660/badan-pangan-nasional-minta-bumn-optimalkan-serap-gabah-petani

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi