Badan Pangan Minta Pengusaha dan Bulog Beli Gabah Petani Rp 4.200 per Kilogram

30 May 2022, 22:07

JAKARTA, KOMPAS.comBadan Pangan Nasional (BPN) meminta para pengusaha dan BUMN sektor pangan membeli gabah kering panen (GKP) dari petani sebesar Rp 4.200 per kilogram. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menjaga kestabilan harga gabah di tingkat petani.

“Agar gabah petani tidak Jatuh, pelaku usaha maupun BUMN pangan Bulog diharapkan dapat meningkatkan serapan gabah sesuai acuan yang ditetapkan pemerintah Rp 4.200 per kilogram untuk GKP,” ujar Kepala BPN Arief Prasetyo dalam keterangan resminya, Senin (30/5/2022).

Menurutnya, peningkatan serapan gabah dari petani dapat memperkuat stok pangan nasional dan membantu menjaga ketersediaan beras dan stabilitas harga. Kondisi itu pun dapat menyejahterakan petani karena produksi gabahnya telah banyak diserap dan harganya tidak jatuh.

Baca juga: Badan Pangan Nasional ke Pengusaha Pabrik Gula: Jangan Maunya Beli Murah Terus

Ia mengatakan, serapan gabah pertani dapat melalui skema cadangan beras pemerintah (CBP) maupun business to business (B2B) atau komersial.

Arief menjelaskan, penguatan stok pangan nasional perlu dilakukan mengingat beberapa negara seperti India, Vietnam dan Thailand berencana membatasi ekspor bahan pokok. Ia bilang, perlunya penguatan stok pangan nasional dengan sistem Dynamic Stock.

Baca juga: Ini Cara Badan Pangan Nasional Jaga Stabilitas dan Ketersediaan Gula

“Ini sudah memenuhi beberapa kajian dari Instansi maupun akademisi seperti dengan Universitas Gadjah Mada, Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kemenko Perekonomian, dan penggiat pangan lainnya,” ungkapnya.

Sebelumnya Direktur Utama Bulog Budi Waseso mengatakan komitmennya untuk siap menyerap gabah atau beras petani guna mengantisipasi anjloknya harga.

Ia memastikan bakal menjaga stabilisasi harga ditingkat petani dan menjamin penguatan stok beras yang ada di gudang-gudang Bulog di seluruh Indonesia.

Baca juga: Badan Pangan Nasional: Produksi Kedelai Hanya Cukup Buat 1 Bulan, Perlu Impor 2,8 Juta Ton

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


https://money.kompas.com/read/2022/05/30/205000626/badan-pangan-minta-pengusaha-dan-bulog-beli-gabah-petani-rp-4.200-per-kilogram

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi