Azka Rindra, Penyanyi Cilik Yogya Raih Empat Penghargaan di Amerika

17 August 2022, 7:06

YOGYA, KRJOGJA.com – Musisi sekaligus penyanyi cilik asal Yogya, Azka Rindra berhasil menyabet penghargaan bergengsi di Amerika Serikat. Dalam ajang internasional bertajuk World Champhionships of Performing Arts (WCOPA) itu, penyanyi bernama asli Yohanes Azka Rindra Gunawan ini meraih empat medali sekaligus. Ia berada dibawah peringkat Arsy Hermansyah, putri pasangan artis Anang Hermansyah dan Ashanti yang berhasil meraih delapan medali dalam kejuaaran itu.

Azka Rindra menyabet empat medali untuk kategori drum (emas), piano (perak), vocal SA (perak) dan best champions for the overall winner instrumen drum jazz. Kejuaraan tersebut digelar 22 – 27 Juli 2022 dan diikuti 500 peserta dari 70 negara.

“Ini merupakan prestasi yang membanggakan. Tidak mengira akan berhasil meraih medali, padahal lawan-lawannya berat dari berbagai negara,” kata Azka Rindra ditemui di Yogya beberapa waktu yang lalu.

Perjalanan siswa SD Tumbuh 2 Yogyakarta ini dalam ajang internasaional tersebut dimulai saat dirinya mengirimkan video berisikan tentang talenta yang dimilikinya. Dalam audisi virtual tersebut Azka Rindra dinyatakan lolos dan berhak berangkat ke Negeri Paman Sam untuk adu kebolehan dengan kontestan lain.

Saat penilaian di panggung, Azka Rindra mampu menunjukkan kebolehannya di hadapan dewan juri. Dari seluruh katagori yang diikutinya Azka Rindra mampu menunjukkan kualitasnya, bahkan juri sempat dibuat tercengang saat melihat kemampun artis cilik ini unjuk kebolehan bernyanyi sambil bermain drum maupun piano.

“Terus berusaha untuk tampil sebaik-baiknya dan akhirnya dapat meraih juara. Besok akan berlatih lebih giat lagi baik bernyanyi atau bermusik,” kata putra pasangan Yohanes Chandra Gunawan dan Arini Adiputri ini.

Kepiawaian olah vocal maupun memainkan alat musik Azka Rindra telah terlihat sejak ia kecil. Bakat tersebut diasah hingga akhirnya ia berhasil memecahkan rekor MURI pada 2020 sebagai pemusik anak pertama yang memainkan lima alat musik sambil bernyanyi.

Untuk kemampuan menggebuk drum ia dapatkan saat mengikuti les di Ahmad Dhani School of Rock, sedangkan untuk kemampuan vokal dan piano ia mempelajarinya di Purwacaraka Music Studio. Kini Azka Rindra dibawah naungan Presiden Musikindo besutan Yunan Helmi.

Maret 2022 lalu Azka Rindra merilis single perdana berjudul Samudera ciptaan Yunan Helmi. Kini Yunan Helmi tengah menyiapkan album untuk Azka Rindra yang bertitel Masa Kecilku dan setidaknya enam lagu sudah tersaji masing-masing berjudul Main Musik, Kotak Seni, Berbeda Saling Menguatkan, Indonesia Hebat, Senandung Mimpi dan Terima Kasih Mama.

“Album ini bergenre jazz. Ini melengkapi talenta Azka Rindra, ada bernyanyinya dan bermusiknya. Ada pula bernyanyi sambil bermusik juga tentunya,” ungkap Yunan Helmi. (*)


https://www.krjogja.com/hiburan/film-dan-selebrita/azka-rindra-penyanyi-cilik-yogya-raih-empat-pengargaan-di-amerika/

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi