Awal Ramadan Berbeda dengan NU, Sekjen PP Muhammadiyah: Hal yang Biasa

2 April 2022, 17:15

Awal Ramadan Berbeda dengan NU, Sekjen PP Muhammadiyah: Hal yang Biasa

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti mengatakan, penetapan awal Ramadan yang berbeda dengan Nahdatul Ulama (NU) tak perlu dipersoalkan. Kata dia, hal itu adalah biasa dan perbedaan adalah keniscayaan.

“Perbedaan penetapan awal Ramadan adalah hal yang biasa sebagaimana khilafiah dalam melaksanakan ibadah. Masyarakat hendaknya saling bertoleransi dan saling menghormati,” katanya dalam keterangan tertulis Sabtu (2/4/2022).

Ia menjelaskan, perbedaan penetapan awal Ramadan bukan soal benar atau salah, menang atau kalah, tapi soal keyakinan dan pilihan sendiri-sendiri. Oleh karena itu kata dia, masyarakat bisa memahami satu sama lain.

“Agar tumbuh sikap saling memahami, penting sekali memahami sumber dan sebab perbedaan sehingga tidak saling menghakimi,” ujarnya.

Seperti yang diberitakan TIMES Indonesia, organisasi yang didirikan oleh Kiai Ahmad Dahlan telah menetapkan awal Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada (2/4/2022). Penetapan awal puasa Ramadan itu sesuai dengan hasil perhitungan hisab yang dilakukan Muhammadiyah.

Muhammadiyah menggunakan metode hisab murni, metode yang juga digunakan Muhammadiyah dalam menentukan waktu salat, berbuka puasa, imsak dan lainnya.

Berbeda dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama atau PBNU. Yang menetapkan 1 Ramadan 1443 Hijriah jatuh Minggu (3/4/2022) besok. Keputusan itu diambil usai hilal tak terlihat di sejumlah wilayah Indonesia kemarin, di mana keputusan itu juga diambil oleh pemerintah.

Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mengatakan, pihaknya memantau hilal di 50 titik hari ini. Namun, petugas di semua titik tidak dapat melihat hilal.

“Atas dasar istiqmal tersebut dan sesuai pendapat empat mazhab, dengan ini PBNU mengikhbarkan atau memberitahukan bahwa awal bulan Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada hari Ahad Wage tanggal 3 April 2022 Masehi,” ujarnya. Putusan NU ini berbeda dengan PP Muhammadiyah. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/404004/awal-ramadan-berbeda-dengan-nu-sekjen-pp-muhammadiyah-hal-yang-biasa

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi