Atap Tribun Sirkuit Formula E Roboh, PDIP: Karena Kejar Waktu Konstruksi Tak Sesuai Harapan

30 May 2022, 18:47

Atap Tribun Sirkuit Formula E Roboh, PDIP: Karena Kejar Waktu Konstruksi Tak Sesuai Harapan

Suara.com – Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono menyesalkan kejadian robohnya atap tribun penonton di sirkuit Formula E, Ancol, Jakarta Utara. Ia menyebut hal ini terjadi karena pengerjaan sirkuit yang dikejar waktu.

Pembangunan sirkuit Formula E memang diklaim sebagai yang tercepat di dunia. Mulai dikerjakan pada Februari lalu, bagian treknya rampung seluruhnya pada April 2022.

Hingga saat ini, kontraktor sudah hampir menyelesaikan seluruh persiapan sirkuit seperti bagian tribun penonton, paddock, dan sarana penunjang lainnya.

Gembong menyebut pengerjaan sirkuit yang begitu cepat ini tidak dibarengi dengan persiapan yang matang. Kontraktor hanya fokus mengejar target harus selesai sebelum 4 Juni mendatang.

Baca Juga:
Atap Tribun Penonton Formula E Roboh, Wagub DKI ke Masyarakat: Enggak Usah Khawatir

“Niat begitu tinggi tapi tidak disikapi dengan matang. Karena persiapan tidak matang yang dikejar hanya memenuhi target,” ujar Gembong di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (30/5/2022).

Menurut Gembong, pengerjaan yang terburu-buru berpotensi menurunkan kualitas bangunan. Padahal, keselamatan dan keamanan penonton serta tim pembalap adalah yang utama.

“Intinya banyak faktor, karena kejar waktu atau deadline jadi tidak sesuai denhan konstruksi hang diharapkan. karena ngejar waktu itu jadi mengabaikan hal penting soal konstruksi,” jelasnya.

Karena itu, Gembong meminta agar penyelenggara melakukan evaluasi atas kejadian ini. Ia berharap nantinya saat balapan tidak ada lagi kejadian yang membahayakan seperti ini.

“Padahal faktor keselamatan harusnya jadi prioritas. Ini harus jadi bahan evaluasi mendalam bagi penyelenggara agar menjamin keselamatan penonton,” katanya.

Baca Juga:
Atap Tribun Formula E Jakarta Ambruk, Begini Reaksi Wagub DKI

Sebelumnya, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto mengklaim ajang balap mobil listrik Formula E tetap akan berjalan sesuai rencana meski atap tribun penonton sempat ambruk akibat angin kencang kemarin.


https://www.suara.com/news/2022/05/30/184458/atap-tribun-sirkuit-formula-e-roboh-pdip-karena-kejar-waktu-konstruksi-tak-sesuai-harapan

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi