ASN di Zona Merah Covid-19 Diperbolehkan WFH

18 June 2021, 16:40

KBRN, Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  (PANRB) menetapkan aturan baru yaitu sekitar 75 persen aparatur sipil negara (ASN) diperbolehkan bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Peraturan tersebut berlaku bagi yang di Kabupaten atau Kota namun masuk dalam kategori zona merah atau beresiko penularan Covid-19. Aturan ini tertuang di Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 67 Tahun 2020 tanggal 4 September 2020.

“Bagi instansi pemerintah yang berada di zona kabupaten/kota berkategori resiko tinggi, maka Pejabat Pembina Kepegawaian bisa mengatur jumlah pegawai untuk melaksanakan tugas kedinasan di kantor setidaknya sekitar 25 persen dalam unit kerja yang bersangkutan,” tulis keterangan dalam surat edaran tersebut seperti dikutip RRI, Jumat (18/6/2021).

Sementara bagi ASN yang bekerja di daerah berstatus zona oranye atau memiliki resiko penularan sedang maka diminta juga menerapkan WFH dengan kapasitas 50 persen.

Lalu, dengan daerah berstatus zona kuning atau dengan resiko rendah dapat menerapkan 25 persen WFH dan sisanya Work From Office (WFO). Kemudian untuk daerah zona hijau dapat menerapkan sistem bekerja sepenuhnya dari kantor.

Untuk diketahui, Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo menampik terkait wacana lockdown di seluruh kementerian.

Tjahjo juga menyebut keputusan mengenai WFH dan Lockdown diserahkan kembali ke instansi terkait.

“Yang terpenting, tetap memperhatikan situasi zona merah wilayah DKI Jakarta serta kondisi masing-masing perkantoran serta nanti diputuskan oleh pimpinan kementerian yang bersangkutan,” tutupnya.


https://rri.co.id/nasional/peristiwa/1083610/asn-di-zona-merah-covid-19-diperbolehkan-wfh?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi