AS Tambah Pasokan, Harga Minyak Dunia Merosot

2 April 2022, 8:58

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak memperpanjang kerugian pada hari Jumat karena anggota Badan Energi Internasional (IEA) setuju untuk bergabung dalam rilis cadangan minyak AS terbesar yang pernah ada.

Setelah Presiden AS Joe Biden mengumumkan rilis pada hari Kamis, harga merosot 7 persen. Kedua tolok ukur tersebut mencatat kinerja mingguan terburuk sejak April 2020.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (2/4/2022), harga minyak mentah berjangka Brent mengakhiri hari 0,3 persen lebih rendah pada USD 104,39. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) menetap 1,01 persen lebih rendah pada USD 99,27 per barel.

Biden mengumumkan pelepasan 1 juta barel per hari (bph) minyak mentah selama enam bulan mulai Mei, yang pada 180 juta barel merupakan pelepasan terbesar dari Cadangan Minyak Strategis (SPR) AS.

Negara-negara anggota Badan Energi Internasional pada hari Jumat tidak menyetujui volume atau komitmen masing-masing negara pada pertemuan darurat mereka, kata Hidechika Koizumi, direktur divisi urusan internasional di Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang. Dia menambahkan bahwa detail tambahan dapat diketahui “dalam minggu depan atau lebih.”

OPEC+, yang mencakup Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya termasuk Rusia, pada hari Kamis terjebak dengan rencana peningkatan 432.000 barel per hari ke target produksi Mei mereka meskipun ada tekanan Barat untuk menambahkan lebih banyak.

“Banjir pasokan minyak AS yang membayangi tidak mengubah fakta bahwa pasar akan berjuang untuk menemukan pasokan yang cukup dalam beberapa bulan mendatang,” kata analis PVM Stephen Brennock.

“Rilis AS tidak ada artinya dibandingkan dengan ekspektasi bahwa 3 juta barel per hari minyak Rusia akan ditutup karena sanksi menggigit dan pembeli menolak pembelian,” tambahnya.

 

Sejarah eksplorasi tambang minyak di Blok Rokan dijelaskan oleh Editor Bisnis Liputan6.com Septian Deny dalam diskusi di Liputan6 Update. Tahun 1920 mulai dilakukan pencarian di Blok Rokan.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4927782/as-tambah-pasokan-harga-minyak-dunia-merosot

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Statement

Fasum

Transportasi