Antisipasi Kebakaran dan Bencana Alam, Rutan Kelas IIB Pacitan Gelar Simulasi

16 September 2021, 14:01

Antisipasi Kebakaran dan Bencana Alam, Rutan Kelas IIB Pacitan Gelar Simulasi

TIMESINDONESIA, PACITAN – Rumah Tahanan Negara atau Rutan Kelas IIB Pacitan , Jawa Timur menggelar simulasi kebakaran . Simulasi penanganan kebencanaan dimaksudkan untuk mencegah musibah yang terjadi di dalam lapas atau rutan.

Kepala Rutan Eko Ari Wibowo mengatakan, kegiatan pelatihan simulasi ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka mencegah gangguan keamanan akibat kebakaran, banjir, gempa bumi dan tsunami baik di lingkungan kantor maupun di tempat tinggal pegawai.

“Gangguan keamanan kebakaran, tidak hanya untuk kepentingan kantor namun juga untuk antisipasi di rumah,” katanya kepada TIMES Indonesia, Rabu (15/9/2021).

Eko menekankan, setiap personil petugas harus mengetahui fungsi dan wewenangnya di saat kejadian yang tidak diinginkan mengancam, seperti kebakaran dan gempa bumi yang mengakibatkan tsunami.

“Setiap petugas harus tahu, siapa dan berbuat apa. Soalnya selain tahu teknis penanganan bencana, petugas lapas tidak boleh panik,” jelasnya menegaskan.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, kegiatan simulasi evakuasi ini dilakukan karena melihat potensi bencana di Pacitan yang begitu besar.

“Ya, kegiatan ini sangat penting. Kejadian bencana kan tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Apalagi letak Pacitan dekat teluk,” terangnya.

Eko juga menekankan kepada petugas penjaga lapas Pacitan untuk siap siaga semisal ada tanda-tanda bahaya yang mengancam.

“Jadi apa yang harus dilakukan sudah diketahui,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya sudah menyiapkan kebutuhan dan prasarana guna mengantisipasi terjadinya bencana alam.

“Kami menyiapkan Alat Pemadam Api Ringan atau APAR, alat kesehatan dan tenaga medis khusus. Untuk evakuasi kami siapkan dua armada truk untuk mengangkut warga binaan ke tempat evakuasi yang lebih aman,” kata Kepala Rutan Kelas IIB Pacitan , Eko Ari Wibowo terkait upaya antisipasi terhadap terjadinya kebakaran dan bencana tak terduga di Kabupaten Pacitan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia .


Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi