Anies Masuk Kriteria Tapi Demokrat Belum Mau Deklarasi

24 October 2022, 23:41

AKURAT.CO  Partai Demokrat tidak mau terburu-buru soal deklarasi calon yang akan diusung pada Pilpres 2024. 
Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra menjelaskan partainya akan terlebih dahulu melakukan asesmen kepada beberapa tokoh yang dinilai bisa membawa perubahan untuk diusung sebagai calon presiden. 
“Kami sejauh ini baru mendata nama-nama yang sekiranya sesuai dengan kriteria kami yaitu integritas, kapabilitas, elektabilitas, kemistri, dan semangat perubahan dan perbaikan,” kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi di Jakarta, Minggu (23/10/2022). 

baca juga:

Herzaky menyebut sosok eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai tokoh yang dinilai memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Meski begitu, katanya, Partai Demokrat tidak menutup kemungkinan mengusung tokoh lain. 
“Secara resmi kami belum menyebut nama-nama tapi di lingkup aspirasi internal, banyak yang ingin Mas AHY maju jadi capres ataupun cawapres,” katanya. 

Herzaky menyampaikan partinya tidak mau terburu-buru menentukan nama tokoh adalah karena tidak ingin ada ketimpangan antara capres dan cawapres yang diusung. Oleh sebab itu, ia menegaskan tidak ada tanggal pasti kapan Partai Demokrat mendeklarasikan nama calon. 

“Misal saja nanti kita mengusung Mas Anies. Kita tidak ingin cawapres yang diusung nantinya malah men-downgrade elektabilitas Mas Anies. Tentu kita ingin calon yang juga meningkatkan satu sama lainnya,” tukasnya.

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi