Anggaran Pembangunan IKN Capai Rp23,6 Triliun, Bappenas Minta Partisipasi Sektor Swasta

17 August 2022, 9:37

PIKIRAN RAKYAT – Baru-baru ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah menggunakan 20 persen dana pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dari kas negara.

Pernyataan itu diperkuat oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa yang menyebut anggaran proyek pembangunan IKN di tahun 2023 mencapai Rp23,6 triliun.

Hal itu diungkapkan Suharso Monoarfa dalam Konferensi Pers Nota Keuangan dan RUU APBN 2023 di Jakarta, Selasa, 16 Agustus 2022.

Sesuai dengan proyeksi yang telah disusun, Suharso memaparkan alokasi anggaran IKN yang sebanyak 20 persen itu akan diatasi pembiayaannya dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Baca Juga: Viral! Wasit Kabur dari Pertandingan di Cirebon, Langsung Kena Bogem Mentah

Dengan begitu pihaknya berharap ada sektor swasta baik dari dalam negeri ataupun luar negeri yang bisa berpartisipasi dalam pendanaan pembangunan IKN.

“Ke depan kami harap ada sektor swasta yang berpartisipasi dalam pendanaan IKN,” katanya.

Dia mengatakan pada tahun 2023 alokasi anggaran IKN itu akan dimasukkan pagunya ke dalam beberapa kementerian/lembaga.

Beberapa kementerian/lembaga tersebut diantaranya adalah Kementerian Perencanaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Polri, dan Kementerian Investasi.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015293841/anggaran-pembangunan-ikn-capai-rp236-triliun-bappenas-minta-partisipasi-sektor-swasta

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi