Amien Rais Sarankan Jokowi dan Luhut Pandjaitan Periksakan Kondisi Kejiwaan ke Psikolog

3 April 2022, 10:36

PIKIRAN RAKYAT – Politikus sekaligus Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais, ikut berkomentar atas ramainya wacana penundaan Pemilu 2024.

Amien Rais mengkritik wacana penundaan Pemilu 2024 yang diikuti wacana perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi 3 periode.

Amien Rais menilai, jika MPR menggelar sidang untuk mewujudkan kedua rencana itu, maka hal tersebut merupakan kejahatan.

Menurutnya, penambahan periode kepemimpinan Jokowi adalah hal yang di luar nalar dan harus diwaspadai oleh seluruh komponen bangsa Indonesia, terutama masyarakat.

Baca Juga: Palestina-Israel Menegang, Para Pemimpin Tidak Mau Penderitaan Tahun Lalu Terulang

Amien Rais mengingatkan, ada sindrom kejiwaan yang kerap diidap para penguasa. Sindrom itu bernama narsistik-megalomaniak.

Kata Amien Rais, sindrom narsistik bisa menyetir pikiran individu untuk meyakini dirinya yang paling benar, paling sempurna, dan paling tahu segala macam persoalan.

Sementara, megalomaniak akan membuat individu haus akan perhatian dan memiliki kebutuhan yang besar atas kekaguman berlebihan.

Kondisi psikis tersebut dapat menyebabkan kurangnya empati terhadap orang lain. Jika terjadi pada seorang pemimpin, maka rasa sayang dan belas kasih terhadap rakyat lambat laun akan hilang.

Baca Juga: Apakah Disuntik Vaksin Covid-19 Membatalkan Puasa? Berikut Penjelasannya


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014148124/amien-rais-sarankan-jokowi-dan-luhut-pandjaitan-periksa-kondisi-kejiwaan-ke-psikolog

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi