Amankan Laut Natuna, TNI AL Tindak Tegas Kapal Asing Masuk Tanpa Izin

17 September 2021, 8:51

Amankan Laut Natuna, TNI AL Tindak Tegas Kapal Asing Masuk Tanpa Izin

loading…

JAKARTA – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) 1 Laskda TNI Arsyad Abdullah menegaskan, kondisi di Laut Natuna aman dan terkendali. Dalam mengamankan wilayah Laut Natuna , pihak TNI AL mengerahkan sebanyak lima unsur KRI setiap harinya.

Baca juga: Kapal China Masuki Natuna, CENTRIS Minta Pemerintah Ambil Sikap

Dia menyebut, paling sedikit tiga atau empat KRI yang beroperasi di Laut Natuna. Untuk unsur KRI lain melakukan bekal ulang, yang nantinya mampu dapat memantau kapal-kapal yang hendak masuk ke perairan Indonesia.

Baca juga: Curi Ikan di Laut Natuna Utara, 4 Kapal Ikan Vietnam Diringkus Baharkam Polri

“Sikap TNI AL di Laut Natuna Utara sangat tegas melindungi kepentingan nasional di wilayah yurisdiksi Indonesia sesuai ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi. Sehingga, tak ada toleransi berbagai bentuk pelanggaran di Laut Natuna Utara,” ujar Arsyad dalam keterangannya, Jumat (17/9/2021).

Tak hanya itu, Arsyad juga melakukan kunjungan komando ke garis depan di Laut Natuna yang bertujuan untuk memastikan kehadiran unsur TNI AL di medan operasi.

Menurutnya, saat ini TNI AL mengemban tugas berdasarkan Pasal 9 Undang-Undang (UU) Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, terkhusus sub Pasal A dan B .

“Mengacu pada undang-undang tersebut, TNI AL dalam hal ini Koarmada I melaksanakan tugas mengamankan perairan Laut Natuna Utara, dalam mengamankan Laut Natuna Utara dituntut kehadiran KRI selalu ada 1×24 jam di wilayah tersebut,” ungkapnya.

Pangkoarmada I akan berada di Laut Natuna Utara untuk melakukan patroli udara langsung dalam memastikan secara langsung, keberadaan KRI yang tengah melaksanakan patroli. Hal itu juga termasuk memantau situasi Laut Natuna Utara.


https://nasional.sindonews.com/read/543054/14/amankan-laut-natuna-tni-al-tindak-tegas-kapal-asing-masuk-tanpa-izin-1631840977

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi