Ali An Sun-geun: Carilah Ilmu Sampai Negeri Korea

3 November 2021, 0:07

Ali An Sun-geun: Carilah Ilmu Sampai Negeri Korea

Hal itu disampaikan Dosen UIN Syarif Hidayatullah Dr. Ali An Sun-Geun dalam acara diskusi yang digelar secara hybrid bertemakan ASEAN-Korea Cooperation Onwards; Outlining ROK’s Advanced Policy in ASEAN, Selasa (2/11).

“Kreatif pemikiran rasa cinta pada pendidikan yang tinggi di saat Presiden Barack Obama waktu berkunjung, Korea salah satu kemajuan itu adalah pendidikan yang tinggi,” kata Dr Ali.

Dia menambahkan, orangtua di Korea Selatan kerap melecut semangat anak-anak mereka untuk memiliki pendidikan yang tinggi sampai sarjana. Alasam orang tua di Korea Selatan, pendidikan merupakan hal yang harus diterapkan oleh masyarakat Korea Selatan.

“Itulah sebagai pendidikan yang sangat tinggi itu dipuji oleh presiden Obama. Itulah salah satu new job development di South Korea, gerakan pembaruan desa. Walaupun terjadi peperangan bisa dalam waktu yang pendek memajukan bangsa Korea Selatan begitu cepat dan pesat perekonomian,” katanya.

Dulu, kata Dr. Ali, Korea Selatan kerap meminta bantuan internasional untuk dapat mensejahterakan masyarakatnya. Namun demikian, saat ini Korea Selatan justru memberikan banyak bantuan kepada masyarakat dunia.

“Ada suatu hikmah dari Allah SWT kami ada empat musim semi panas gugur dan salju. Setiap musim berlaku kami bersiap ketiga empat bulan untuk planning system sudah ada di salah satu juga pengaruh hidayah Allah,” katanya.

Dr. Ali menceritakan pengalamannya menulis buku yang berjudul sama dengan sebuah syair Arab. Hal itu didasarinya untuk mendorong masyarakat dunia dapat belajar dari kegigihan Korea Selatan dalam membangkitkan bangsanya.

Apalagi saat ini, banyak dari anak Indonesia yang ingin belajar dan melancong ke Korea Selatan. Tidak hanya itu, saat ini banyak anak muda di dunia yang saking cintanya pada artis K-POP seperti BTS dan Army.

“Saya pernah menulis buku tentang carilah ilmu ke negeri korea, waktu di Muhammadiyah. Bapak Din Syamsuddin telah mendorong, untuk memproduksikan buku itu, bukan carilah ilmu sampai ke negeri China,” tutupnya.

The Korean Center of RMOL ini digelar secara hybrid yang dimulai pukul 10.00 WIB dan terpusat dari Rumah Djan, Jalan Talang, Menteng, Jakarta Pusat.

Acara ini terbagi dalam tiga sesi dengan pembukaan sambutan dari Dutabesar Korea Selatan untuk ASEAN, Lim Sungnam; Dutabesar Indonesia untuk Korea Selatan, Gandi Sulistyanto; dan Ketua Pusat Dialog dan Kerjasama Peradaban, Prof Din Syamsuddin.

Adapun pembicara yang hadir secara langsung yakni Menteri Konselor Korea Selatan untuk ASEAN, Baek Yongjin; anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai Golkar, Dave Akbashah Laksono; Dosen Universitas Padjadjaran, Teuku Rezasyah.

Berikutnya dosen Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Ali An Sun-geun dan Rahmi Fitriyanti; dan Managing Director Korea Kini, Teguh Santosa.


https://politik.rmol.id/read/2021/11/02/510290/ali-an-sun-geun-carilah-ilmu-sampai-negeri-korea

Partai

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi