Akui Bangsa Indonesia Tangguh, SBY Kenang Daya Juang RI Hadapi Bencana Selama Era Kepemimpinannya

17 August 2022, 12:36

PIKIRAN RAKYAT – Rangkaian acara pengibaran bendera Merah Putih tengah berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta Pusat pada Rabu hari ini, 17 Agustus 2022.

Salah satu yang mengawali rangkaian acara itu, adalah video-video dari sejumlah sosok yang pernah menjadi pemimpin negara Indonesia, di antaranya, Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono, Tri Sutrisno, Hamzah Haz, Jusuf Kalla, dan Boediono.

Dalam detailnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengungkap kenangan selama menjabat sebagai pemimpin negara untuk dua periode, yang ada beberapa tahunnya ditimpa musibah bencana tsunami hingga gempa bumi.

SBY memaparkan bagaimana bangsa Indonesia telah ditempa untuk tangguh, termasuk saat menghadapi bencana tsunami 2004.

Baca Juga: Anak Jusuf Hamka Bagikan Cokelat yang Dicuri Mariana ke Semua Karyawan Alfamart, Beri Pesan Menohok

“Bangsa Indonesia sejak era kemerdekaan hingga sekarang ini adalah bangsa yang tangguh, pantang menyerah, dan memiliki daya juang yang kuat. Ada 2 pengalaman yang ingin saya bagikan. Pertama adalah kebersamaan dan ketangguhan kita dalam menghadapi bencana tsunami akhir 2004,” kata SBY menguraikan kenangannya dalam video peringatan HUT ke-77 RI, dipantau langsung tim Pikiran-Rakyat.com dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Lebih lanjut, SBY menyebut tsunami yang melanda salah satu daerah di Indonesia pada akhir 2004 adalah bencana terdahsyat pada awal abad 21.

Tak lupa, SBY juga menyatakan jabatan yang dipegangnya telah mampu menjalankan manajemen krisis dengan baik, sehingga Indonesia tetap bisa bangkit dengan lebih tangguh.

“Serta bencana-bencana lain seperti gempa Jogja dan gempa Padang yang skalanya besar. Sebagai presiden tentu saya menjalankan kepemimpinan dan manajemen krisis. Saya mencatat kebersamaan dan kerja keras kita dulu sungguh luar biasa besarnya,” kata SBY menerangkan.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015295493/akui-bangsa-indonesia-tangguh-sby-kenang-daya-juang-ri-hadapi-bencana-selama-era-kepemimpinannya

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi