TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada momen haru saat Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menghadiri acara dukungan psikososial anak-anak terdampak Covid-19 bertema ‘Peduli Anak, Indonesia Tangguh’ di Lembaga Pendidikan dan Latihan (Lemdiklat) Polri, Ciputat, Jakarta Selatan (Jaksel), Selasa (2/11/2021).

Panglima TNI Hadi Tjahjanto tampak menggendong seorang anak laki-laki. Panglima TNI pun mennceritakan anak lelaki tersebut disabilitas. Anak itu ditemani seorang pendamping selama acara berlangsung.

“Pendampingnya sampaikan ke saya, (anak laki-laki itu) panggil saya dan minta digendong,” cerita Hadi melalui pesan singkat, Selasa (2/11/2021).

Hadi pun menghampiri anak lelaki tersebut yang duduk di kursi roda. Saat didekati, kata Hadi, si anak memegang pundaknya.

“Tangan kanannya dari kursi roda sudah merangkul saya,” ucap Hadi.

Hadi mengatakan si anak tak bicara sepatah kata pun. Namun terus menatap Hadi dan gerakan tubuhnya minta gendong.

“Diam, saya lihat tatapan matanya dan gerakan tubuhnya,” ujar Hadi.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menggendong bocah lelaki disabilitas di Lemdiklat Polri. (dok. Puspen TNI)

Hadi lalu merangkul balik tubuh si anak lelaki dan mengangkatnya dari kursi roda. “Saya gendong sebentar,” imbuh Hadi.

Untuk diketahui, Hadi menghadiri acara itu bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Dia dan Sigit juga menyerahkan secara simbolis bantuan kepada anak-anak terdampak COVID-19.

Penyerahan bantuan disaksikan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini serta Menteri PPPA Bintang Puspayoga. Acara ini diadakan serentak di 34 provinsi dan diikuti oleh 2.333 anak.

“2.138 Itu adalah kelompok anak-anak, 139 kelompok disabilitas, kemudian 48 orang tua pendamping,” tulis Pusat Penerangan TNI dalam keterangan tertulis.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Sigit juga sempat berinteraksi langsung dengan anak-anak disabilitas via video conference dalam acara dukungan psikososial anak-anak terdampak Covid-19 bertema ‘Peduli Anak, Indonesia Tangguh’ tersebut. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia .