Airlangga Ungkap Tren Industri Otomotif Nasional Makin Positif

2 April 2022, 9:06

Airlangga Ungkap Tren Industri Otomotif Nasional Makin Positif

Pada Q4-2021 lalu, industri ini mengalami pertumbuhan cukup signifikan sebesar 22,61%, dan bertumbuh sebesar 17,82% (yoy). Pertumbuhan industri otomotif ini secara nyata dapat terlihat dari angka Purchasing Manager Index (PMI) Manufaktur yang mengalami ekspansi.

“Tercatat PMI Manufaktur Indonesia kembali mengalami ekspansi di level 51,2 pada Februari 2022. Hal ini meneruskan tren positif selama 6 bulan berturut-turut sejak September 2021,” kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/4).

Airlangga berharap, PMI Indonesia dapat terus berada di atas area ekspansif.

Industri otomotif sebagai kontributor utama terhadap PDB industri alat angkutan saat ini telah memiliki 21 perusahaan industri kendaraan bermotor roda 4 atau lebih dengan nilai investasi sebesar Rp 139,37 triliun.

Kapasitas produksi pun tercatat sebesar 2,35 juta unit per tahun, serta menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 38 ribu orang. Sedangkan untuk industri sepeda motor saat ini terdapat 26 perusahaan dengan nilai investasi sebesar Rp 10,05 triliun dengan kapasitas produksi 9,53 juta unit per tahun, serta menyerap 31 ribu orang tenaga kerja.

Namun demikian, terdapat berbagai tantangan baru yang harus dihadapi, termasuk oleh industri otomotif di masa pemulihan ekonomi saat ini.

“Dunia saat ini mengalami disrupsi. Tidak hanya Covid-19, tetapi juga disrupsi digital, La-Nina atau cuaca, kemudian disrupsi dari geopolitik yang ditransmisikan kepada harga pangan dan energi,” ungkap Menko Airlangga.


https://politik.rmol.id/read/2022/04/02/528944/airlangga-ungkap-tren-industri-otomotif-nasional-makin-positif

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi