Ada Lonjakan Kasus Covid-19, Rumah Perlindungan Sosial Dinsos Kota Tangerang Dijadikan RIT

18 June 2021, 1:10

Alissa Eckert dan Dan Higgins, ilustrator dari Centers for Disease Control and Prevention, diminta untuk membuat ilustrasi virus corona yang mampu menarik perhatian publik.(the new york times)

TANGERANG, KOMPAS.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Banten, akan menambahkan rumah isolasi terkonsentrasi (RIT) di wilayahnya. Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menyatakan, penambahan itu dilakukan lantaran ada lonjakan kasus Covid-19 di Kota Tangerang.

Selain itu, ketersediaan tempat tidur khusus pasien Covid-19 yang semakin menipis menjadi salah satu alasan penambahan tersebut.

Arief berujar, Rumah Perlindungan Sosial (RPS) milik Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang yang akan dijadikan RIT. RPS Dinsos itu diketahui sempat dijadikan RIT selama beberapa waktu.

Baca juga: Orangtua Murid Diimbau Tak Bawa Anak Saat Daftar PPDB Secara Luring di Kota Tangerang

“Kami cek kesiapannya (RPS Dinsos) untuk dipergunakan kembali sebagai lokasi isolasi pasien positif Covid-19,” kata Arief, Kamis (17/6/2021).

Dia menyebutkan, semua tempat tidur khusus pasien Covid-19 di enam RIT yang saat ini sedang beroperasi sudah terpakai.

Karena itu, Pemkot Tangerang menggunakan RPS itu sebagai alternatif tempat penampungan pasien terpapar virus corona.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sekarang, dari enam RIT yang beroperasi, kondisinya sudah penuh 100 persen. Oleh kareanya, RPS Dinsos disiapkan untuk menjadi RIT dengan kapasitas 35 tempat tidur,” kata dia.

Arief merencanakan, RPS Dinsos mulai digunakan sebagai RIT pada 19 Juni 2021. Dia menambahkan, angka keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) khusus pasien Covid-19 saat ini mencapai 85,18 persen. BOR di insentive care unit (ICU) mencapai 89,43 persen.

Dengan tingginya keterisian itu, Arief mengimbau masyarakat di Kota Tangerang agar disiplin menerapkan protokol kesehatan.


https://megapolitan.kompas.com/read/2021/06/17/21073541/ada-lonjakan-kasus-covid-19-rumah-perlindungan-sosial-dinsos-kota

 

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi