50 Pelaku UMKM Wilayah Bregas Dilatih Service Excellence

50 Pelaku UMKM Wilayah Bregas Dilatih Service Excellence

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI – Komunitas Wirausaha Muda Bregas (Brebes, Tegal, Slawi) atau disingkat WMB menggelar kopdar bulanan yang kali ini mengusung tema “Service Excellence For UMKM” bertempat di Trasa Co-Working Space Slawi, Kabupaten Tegal, belum lama ini. 

Kegiatan kopdar bulanan WMB Talk #38 dihadiri kurang lebih 50 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Tegal dan Brebes. 

Adapun kegiatan kali ini menghadirkan pembicara yang merupakan Direktur PT. Ka’bah Tour Tegal bernama Pras. 

Founder Komunitas WMB Musollin menjelaskan, Service Excellence sangat penting untuk memenangkan kompetisi bisnis yang semakin dinamis.

Sedangkan Service Excellence merupakan upaya perusahaan atau organisasi untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan.

“Banyak pelaku UMKM yang mengabaikan hal ini dan berujung pada kegagalan bisnisnya. Padahal Service Excellence sangat penting karena fokus utamanya adalah memberi layanan terbaik kepada pelanggan,” ungkap Musollin, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Sabtu (1/3/2025). 

Direktur PT. Ka’bah Tour Tegal mas Pras menerangkan, salah satu faktor kesuksesan bisnisnya di bidang Travel Haji dan Umroh karena menerapkan Service Excellence bagi customer atau pelanggan secara maksimal. 

Terlebih Pras tidak memungkiri bahwa persaingan bisnis di bidang Travel Haji dan Umroh cukup ketat. 

Sehingga Pras memaksimalkan dengan memberi pelayanan terbaik kepada pelanggan dan jangan sampai membuat kecewa. 

“Alhamdulillah sampai saat ini bisnis yang saya kelola semakin bertumbuh dan terus meningkatkan kepuasan pelanggan. Tujuannya untuk menjangkau pelanggan lebih luas lagi tidak hanya wilayah Tegal dan sekitarnya saja,” terang Pras. 

Sementara itu, Sekjend Komunitas WMB Elang Merayu Sukma mengucapkan terima kasih kepada pembicara yang sudah berkenan berbagi ilmu dan tips sukses dalam penerapan Service Excellence. 

“Kami berharap para pelaku UMKM bisa mencontoh penerapan Service Excellence di PT. Ka’bah Tour Tegal dalam bisnisnya. Sehingga UMKM yang dijalankan semakin sukses dan bertumbuh,” harap Elang. (dta)