Jakarta, Beritasatu.com – Pemerintah dalam hal ini Badan Pangan Nasional (Bapanas) terus konsisten dalam menyediakan pangan pokok strategis dengan harga terbaik bagi masyarakat secara merata.
Selain pasar tradisional, kali ini Bapanas menggandeng Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) untuk turut andil, utamanya pada Ramadan 2025. Kerja sama itu bertajuk Friday Mubarak yang diharapkan menambah opsi berbelanja bahan pokok masyarakat di pasar modern, tidak hanya di pasar tradisional.
“Tadi disebutkan ada diskon sampai 30%, bahkan sampai 50% dan difokuskan ke komoditas pangan strategis,” jelas Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi dalam siaran pers, Sabtu (1/3/2025).
Upaya kolaborasi melalui jaringan ritel tersebut dipastikan Arief tidak akan memberi distorsi terhadap pasar tradisional. Lantaran, dikatakan olehnya, target konsumen antara pasar tradisional dan ritel cukup berbeda dan operasi pasar akan turut dimasifkan secara simultan di pasar-pasar tradisional.
Dalam kesempatan peluncuran Friday Mubarak itu pun turut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Airlangga menyebut program yang berlangsung sampai dengan 30 Maret 2025 tersebut ditargetkan mencapai penjualan hingga Rp 75 triliun.
“Setiap Jumat, akan lebih banyak promosi dan diskonnya,” bebernya tentang kerja sama dengan Bapanas.
Sementara itu menurut Ketua Umum Aprindo Solihin, Friday Mubarak merupakan bentuk kolaborasi apik dengan pemerintah dalam membantu masyarakat. “Kita berkolaborasi dengan pemerintah dan Bapanas untuk selalu mendukung setiap kegiatan yang meringankan masyarakat. Kita sudah menyediakan stok yang kita perkirakan cukup,” ujar Solihin.
Sebagai informasi, dalam menyambut Ramadan tahun ini, pemerintah gencar menggelar program belanja nasional guna mendorong konsumsi masyarakat melalui belanja domestik. Friday Mubarak sendiri merupakan inisiatif Aprindo untuk mendukung visi tersebut.
Selanjutnya akan ada lagi program Bapanas, yakni Bina (Belanja di Indonesia Aja) yang bekerja sama dengan Hippindo (Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia). Lalu Pasar Kreatif Ramadan oleh Pemerintah Provinsi Jakarta hingga Bazar Ramadan serta Ramadan Sale yang akan diselenggarakan Indonesian E-commerce Association (IdEA).
