8 Penyebab Kesuburan Wanita Menurun, dari Faktor Usia sampai Penyakit

2 April 2022, 10:08

Ilustrasi kesuburan wanita, penyebab kesuburan wanita menurun.

KOMPAS.comInfertilitas atau masalah kesuburan wanita bisa membuat pasangan susah mendapatkan momongan.

Dilansir dari Better Health, sekitar 15 persen pasangan mengalami infertilitas atau masalah kesuburan, sumbernya bisa berasal dari wanita maupun pria.

Penyebab kesuburan wanita menurun bisa berasal dari kondisi sampai penyakit tertentu yang menyerang organ reproduksi. Berikut penjelasannya.

Baca juga: 16 Penyebab Kesuburan Pria Menurun

Penyebab kesuburan wanita menurun

Disarikan dari beberapa sumber, berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan kesuburan wanita menurun:

Dikutip dari Women’s Health, kesuburan wanita bakal menurun ketika memasuki usia 35 tahun. Kondisi ini dipengaruhi kemampuan indung telur yang menurun, sel telur berkurang, kondisi sel telur tidak sehat, atau kondisi kesehatan yang meningkatkan risiko keguguran.

Faktor gaya hidup tidak sehat juga bisa memengaruhi kesuburan wanita. Di antaranya kebiasaan merokok, konsumsi alkohol berlebihan, tingkat stres tinggi, pola makan tidak sehat, dan berat badan berlebihan.

Gangguan ovulasi bisa memicu infertilitas pada wanita. Kondisi ini bisa membuat proses pematangan sel telur terganggu sampai siklus haid jadi tidak teratur.

  • Sindrom ovarium polikistik

Sindrom ovarium polikistik menyebabkan ovarium membentuk kista kecil-kecil yang mengeluarkan hormon seks pria. Kondisi ini mengganggu sampai menggagalkan proses ovulasi.

Baca juga: 14 Cara Meningkatkan Kesuburan secara Alami

Saluran tuba atau tuba falopi yang tersumbat atau mengalami iritasi bisa menghambat sel telur untuk sperma. Dengan begitu, proses pembuahan sulit atau tidak bisa terjadi.

Masalah pada rahim seperti tumor, polip, atau fibroid juga bisa menurunkan kesuburan wanita. Pasalnya, sel telur yang telah dibuahi perlu menempel di lapisan rahim.


https://health.kompas.com/read/2022/04/01/210100768/8-penyebab-kesuburan-wanita-menurun-dari-faktor-usia-sampai-penyakit

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi