7 Olahraga yang Sesuai untuk Penderita Obesitas

30 May 2022, 9:58

KOMPAS.com – Olahraga yang tepat bisa lebih efektif membantu memangkas kelebihan berat badan untuk penderita obesitas.

Sayangnya, kelebihan bobot tubuh membuat sejumlah penderita obesitas terkadang merasakan tubuhnya tidak dapat aktif dan luwes bergerak.

Tak pelak, banyak penderita yang ogah-ogahan melakukan olahraga karena rasanya tidak nyaman.

Untuk mengatasi persoalan ini, simak beberapa pilihan olahraga yang pas untuk penderita obesitas dan tips sukses melakoninya agar terus konsisten berolahraga.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Obesitas secara Alami

Olahraga yang sesuai untuk penderita obesitas

Jenis olahraga yang sesuai untuk penderita obesitas yakni mudah dilakukan dan dapat membakar lebih banyak kalori. Berikut beberapa di antaranya:

Dilansir dari BigHealthFitness, olahraga jalan kaki sekilas memang terlihat sederhana, tapi manfaatnya cukup besar untuk meningkatkan kebugaran dan menurunkan berat badan.

Perlu diketahui, jalan kaki sejauh 2,5 kilometer umumnya bisa membakar 100 kalori (perhitungan ini bisa bervariasi tergantung rute jalan, berat badan, dan jenis kelamin).

Selain jalan kaki, naik sepeda statis juga juga bagus untuk meningkatkan kebugaran sekaligus melatih detak jantung penderita obesitas.

Latihan ini juga terbilang relatif mudah dan nyaman, karena sepeda statis biasanya dilengkapi tempat duduk dengan sandaran.

Studi menunjukkan, orang dengan berat badan 85 Kilogram ketika bersepeda dengan kecepatan sedang selama 30 menit bisa membakar 311 kalori, atau bisa membakar 466 kalori apabila bersepeda cepat.

Baca juga: 4 Cara Mencegah Obesitas, mulai dari Bayi sampai Dewasa


https://health.kompas.com/read/2022/05/28/180100368/7-olahraga-yang-sesuai-untuk-penderita-obesitas

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi