6 Perubahan Fisik yang Dialami Setelah Kehamilan

31 May 2022, 9:03

Ilustrasi ibu hamil. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta – Kehamilan momen yang istimewa bagi setiap perempuan. Segera setelah Anda tahu bahwa Anda memiliki bayi, sejak saat itu Anda tahu bahwa hidup Anda akan berubah dalam banyak hal. Meskipun merupakan pengalaman yang luar biasa, kehamilan bisa sangat merugikan tubuh seorang ibu.

Sebanyak perubahan tubuh selama kehamilan Anda, mungkin banyak perubahan yang berkembang selama tahun pertama setelah melahirkan. Berikut ini beberapa perubahan fisik yang harus diwaspadai selama beberapa bulan pertama atau satu tahun setelah kehamilan.

Perubahan fisik usai kehamilan

1. Perubahan ukuran dan bentuk payudara

Setelah Anda melahirkan payudara Anda mungkin berubah dalam hal bentuk dan ukuran. Pasca-kehamilan, kadar estrogen dan progesteron Anda menurun drastis, sementara prolaktin yang merupakan hormon yang membantu Anda memproduksi ASI, melonjak. Ini bisa membuat payudara Anda lebih besar dari sebelumnya. Perubahan mulai terlihat dalam dua atau tiga hari setelah melahirkan dan payudara Anda cenderung menjadi keras dan lembut. Selain itu, bentuk payudara Anda dapat berubah secara permanen, karena pembengkakan yang terjadi saat ASI masuk dapat mengendurkan ligamen di dada, menyebabkan payudara mengendur.

2. Ukuran sepatu

Kenaikan berat badan dan perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan juga dapat mengubah ukuran sepatu Anda. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), wanita yang memiliki berat badan normal bisa bertambah 11 hingga 16 kilogram selama kehamilan. Sebab itu, kelebihan berat badan dapat menyebabkan banyak tekanan pada kaki sehingga menyebabkan lengkung kaki menjadi rata. Selain itu, hormon yang disebut relaksin dapat mengendurkan ligamen otot di kaki Anda. Jadi, ketika lonjakan berat badan memberi tekanan pada kaki, itu membuatnya lebih mudah untuk meratakan atau memanjang.

3. Perubahan vagina

Setelah melahirkan perubahan di area vagina pasti akan terjadi dan seharusnya tidak mengejutkan banyak orang. Meskipun ukuran vagina hampir menyusut kembali ke ukuran aslinya, Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) percaya sebagian besar wanita akan memiliki vagina yang lebih lebar, secara permanen.

4. Stretch mark 

Karena peningkatan besar dan penurunan berat badan sebelum dan sesudah kehamilan beberapa wanita mengalami  stretch mark merah muda dan merah di tubuh mereka, menurut British Journal of Dermatology. Namun, tanda ini mungkin menjadi lebih ringan atau tidak terlalu mencolok dari waktu ke waktu.

5. Perubahan gairah seks

Pasca-kehamilan, banyak ibu baru mungkin mengalami penurunan gairah seks. Menurut para ahli, dibutuhkan waktu hingga satu tahun untuk mendapatkan kembali libido seseorang. Hal ini tidak hanya disebabkan oleh rendahnya kadar estrogen dalam tubuh, tetapi merawat bayi yang baru lahir juga bisa melelahkan, yang menyebabkan berkurangnya gairah seks.

6. Perubahan pada kaki, wajah, dan rambut

Perubahan pasca-kehamilan lainnya terjadi pada kaki, wajah dan rambut. Kenaikan berat badan selama kehamilan dapat menyebabkan spider veins, juga dikenal sebagai varises pasca-kehamilan. Ini terlihat mirip dengan stretch mark, hanya saja warnanya ungu kebiruan dan bisa membesar dan menyebabkan penyumbatan aliran darah.

Sedangkan di wajah muncuk bercak kulit kering, jerawat atau pigmentasi, karena kadar hormon yang berfluktuasi. Terakhir, Anda mungkin juga kehilangan hingga sepertiga dari rambut Anda. Tingginya kadar hormon selama kehamilan membantu pertumbuhan rambut. Tapi begitu kadar hormon Anda turun kembali normal, itu bisa menyebabkan kerontokan rambut.

TIMES OF INDIA

Baca juga: Britney Spears Keguguran di Awal Kehamilan, Bersyukur dengan Proses yang Dilalui

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik Tempo.co Update untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram lebih dulu.


https://cantik.tempo.co/read/1596708/6-perubahan-fisik-yang-dialami-setelah-kehamilan

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi