6 Manfaat Kurma untuk Kesehatan, Lindungi Jantung sampai Pencernaan

19 August 2022, 6:08

KOMPAS.com – Tahukah Anda? Di balik citarasanya yang manis, ternyata ada sederet manfaat kurma untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

Dilansir dari Medical News Today, buah yang biasanya banyak dikonsumsi di bulan puasa dan musim haji ini tinggi kalori, tapi menyimpan nutrisi penting yang baik untuk tubuh.

Kurma mengandung banyak antioksidan, potasium, gula alami, dan serat. Buah ini juga bisa menambah asupan vitamin B6, zat besi, magnesium, dan kalium. Dengan sederet kandungan gizi tersebut, simak beberapa khasiat buah populer ini.

Baca juga: Kurma untuk Penderita Diabetes, Begini Baiknya…


Konsumsi kurma dengan porsi sedang atau tidak berlebihan bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Berikut beberapa di antaranya:

Dilansir dari Health, kurma memiliki banyak antioksidan alami seperti polifenol, karotenoid, tanin, dan sterol.

Zat ini penting untuk melawan efek buruk radikal bebas penyebab stres oksidatif. Untuk diketahui, stres oksidatif adalah biang penuaan dini sampai peradangan penyebab penyakit kronis.

  • Melancarkan buang air besar

Makan tiga butir kurma bisa mencukupi hampir 20 persen kebutuhan serat per hari. Serat sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Studi telah membuktikan, pria yang rutin makan kurma setiap hari selama tiga minggu cenderung tidak pernah mengalami sembelit. Mereka rutin buang air besar dengan kondisi tinjanya minim zat kimia biang kanker.

Baca juga: Anjuran Makan Kurma agar Tetap Sehat

  • Melindungi kesehatan jantung

Kurma juga dapat melindungi kesehatan jantung. Penelitian membuktikan, orang yang rutin makan kurma kadar lemak dalam darah, kolesterol jahat, dan kolesterol totalnya menurun. Selain itu, kadar gula darahnya lebih terkontrol.

Kandungan antioksidan asam felonik dalam buah ini juga bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung.


https://health.kompas.com/read/2022/08/18/203100368/6-manfaat-kurma-untuk-kesehatan-lindungi-jantung-sampai-pencernaan

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi