6 Kesalahan Umum Saat Mengobati Asam Urat

3 April 2022, 7:03

Ilustrasi asam urat. Shutterstock

TEMPO.CO, Jakarta -Cara mengatasi asam urat sering dilakukan dengan cara-cara alami dan medis.

Tetapi, sebenarnya masih banyak orang yang salah kaprah ketika mengobati asam urat. dr Sandra Langow SpPD-KR, Internis Konsultan Reumatologi (Rheumatologist) dari Siloam Hospital Lippo Village menyebutkan setidaknya ada 6 kesalahan yang umum dilakukan oleh penderita asam urat.

-Hanya minum penghilang nyeri biasa pada saat serangan radang sendi karena asam urat (gout arthritis). Penghilang nyeri ini misalnya Non-Steroidal Anti-Inflammatory Drugs (NSAID), kolkisin, atau steroid.

-Tidak pernah minum obat penurun asam urat seperti allopurinol atau febuxostat. Jadi, sesudah serangan akut, kadar asam urat sebenarnya tidak pernah diturunkan.

-Minum obat penurun asam urat, tetapi hanya satu bulan sesudah serangan akut. Hal ini tentu tidak benar karena obat penurun asam urat harus diminum terus menerus dalam jangka panjang.

Obat penurun asam urat seperti allopurinol dan febuxostat juga aman dikonsumsi jangka panjang karena tidak merusak ginjal. Justru dengan konsumsi rutin obat ini kerusakan ginjal akibat asam urat dapat dicegah. Asam urat yang ditinggi sudah terbukti dapat merusak ginjal dan menyebabkan batu ginjal.

-Tidak pernah cek kadar asam urat. Padahal, kadar asam urat harus dicek secara berkala. Pastikan kadar asam urat selalu di bawah 6 mg/dl secara konstan seumur hidup.

Kadar asam urat harus dijaga di bawah 6 mg/dl untuk mencegah komplikasi baik pada sendi maupun pada organ lain seperti ginjal, stroke dan lain sebagainya.

-Percaya dengan mitos bahwa sayur dapat membuat asam urat menjadi tinggi. Akibatnya malah menghindari sayur. Padahal, sayur sebenarnya tidak meningkatkan kadar asam urat. Justru sayur baik untuk kesehatan. Yang harus dihindari adalah jeroan, daging merah, minuman manis, alkohol, dan makanan laut tertentu.

-Melupakan pola hidup sehat yang lain. Jangan lupa minum air yang cukup, apabila Anda perokok segeralah berhenti, lakukan olahraga secara teratur, dan segera atasi kegemukan atau obesitas.

Buata mengurangi atau menghilangkan kekambuhan asam urat, jangan lupa berkala untuk melakukan check up kesehatan secara umum termasuk kesehatan ginjal, jantung tekanan darah, dan gula darah.

NAUFAL RIDHWAN ALY
Baca juga : 6 Obat Herbal untuk Nyeri Sendi Akibat Asam Urat, Jangan Lupakan Cuka Apel


https://gaya.tempo.co/read/1577841/6-kesalahan-umum-saat-mengobati-asam-urat

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Statement

Fasum

Transportasi