6 Fakta Kasus Atap Tribun Formula E Ambruk

30 May 2022, 20:04

Pekerja membongkar atap tribun penonton sirkuit Formula E yang roboh untuk diperbaiki di Ancol, Jakarta, Minggu 29 Mei 2022. Atap tribun penonton sirkuit Formula E yang roboh pada Jumat malam akibat diterjang angin kencang itu mulai diperbaiki. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

TEMPO.CO, Jakarta -Menjelang 7 hari perhelatan, atap tribun Formula E ambruk.

Kabar atap tribun Formula E ambruk ini juga sudah tersebar di sejumlah platform media sosial.

Dalam foto tersebut, terlihat jelas bahwa atap berwarna putih ambruk dan menutup beberapa kursi penonton sirkuit Formula E Jakarta.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Widi Amanasto menyebutkan bahwa masalah tersebut ditangani oleh Formula E Operation (FEO). Itu ia sampaikan langsung melalui pesan singkat kepada Tempo.co.

Dia juga menjelaskan bahwa saat ini masalah atap tribun Formula E ambruk tersebut sudah diperbaiki. “Sudah kok (diperbaiki atap tribunnya),” kata dia kepada Tempo.co, Sabtu, 28 Mei 202.

Untuk selengkapnya, berikut ini fakta-fakta kasus atap tribun Formula E ambruk: 

1. Roboh disinyalir akibat angin dan hujan

Ketua Komite Penyelenggara Ahmad Sahroni membenarkan bagian atap dari tribun grandstand ambruk akibat terkena terjangan angin disertai hujan. Kerangka besi penyangga atap tribun yang tak mampu menahan gempuran angin kencang mengakibatkan atap ambruk ke bangku penonton 

Namun ia menyebut sudah ada proses perbaikan atap yang dilakukan saat ini oleh pekerja di lokasi. “Sedang dalam proses perbaikan,” kata Sahroni, Sabtu, 28 Mei 202.

2. Terjadi sekitar pukul 23.00 WIB

Ahmad Sahroni menyampaikan bahwa atap tribun Formula E roboh pada Jumat malam  pukul 23.00 WIB. Robohnya atap tribun diakibatkan oleh badai, angin kenceng serta hujan dera.

3. Tiang tenda kurang kuat

Selain karena hujan dan angin kencang, pemicu lainnya yang membuat Atap tribun penonton formula e roboh karena tiang penyangga tenda yang kurang kuat. Sehingga tiang penyangga nantinya akan lebih diperkuat saat proses perbaika.

4. Diperbaiki pada esok harinya

Ahmad Sahroni juga menyampaikan, atap yang roboh tersebut diperbaiki keesokan harinya. Evaluasi juga dilakukan usai peristiwa atap tribun roboh. Agat kejadian serupa tak terulang kembali di kemudian har.

5. Tenda  VIP dan VVIP aman

Meski atap tribun penonton Formula E ambruk akibat hujan dan angin kencang, Sahroni menambahkan bahwa untuk tenda VIP maupun VVIP Sirkuit Formula E masih aman tak ada kerusakan atau apapu.

6. Tidak ada korban jiwa

Insiden jumata malam itu tidak menelan korban jiwa dalam peristiwa robohnya atap tribun sirkuit Formula E.

Untuk diketahui, ajang Formula E yang melibatkan 22 pembalap dari 11 tim dunia itu akan digelar pada 4 juni 2020 akhir pekan ini.

IDRIS BOUFAKAR
Baca : Perbaikan Atap Tribun Formula E Ambruk Diperkirakan Rampung pada 2 Juni


https://metro.tempo.co/read/1596575/6-fakta-kasus-atap-tribun-formula-e-ambruk

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi