5 Omongan Pangkostrad Letjen Dudung yang Kontroversi

16 September 2021, 13:47

VIVA Militer: Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman

VIVA – Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachmad jadi sorotan publik lagi. Penyebabnya lantaran pernyataan Dudung soal semua agama itu benar di mata Tuhan. Ada yang mendukungnya, ada pula yang mengkritiknya.

Pernyataan itu disampaikan Dudung dalam kunjungannya ke Markas Komando (Mako) Yonzipur 9/Kostrad. Dudung menyampaikan pesan untuk anak buahnya untuk tidak fanatik terhadap agama tertentu.

Dirangkum VIVA, Dudung bukan pertama kali ini bikin pernyataan yang kontroversi. Tercatat beberapa kali pernyataan tersebut keluar dari mulutnya, di antaranya:

1.Semua Agama Benar di Mata Tuhan

Dalam arahan yang diberikan Pangkostrad kepada jajarannya, dia mengingatkan kepada para prajurit agar cermat dalam menyikapi berita yang beredar di media sosial.

Pangkostrad meminta jajarannya tidak mudah mengirim berita yang belum bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya dan jangan mudah terprovokasi oleh berita hoax, hindari fanatik yang berlebihan terhadap suatu agama.  

“Bijaklah dalam bermain media sosial sesuai dengan aturan yang berlaku bagi prajurit. Hindari fanatik yang berlebihan terhadap suatu agama.  Karena semua agama itu benar di mata tuhan,” kata Pangkostrad. 

Pernyataan Dudung disentil oleh Ketua MUI KH Cholil Nafis. Dia menyebut menilai pernyataan ‘semua agama benar’ yang diucapkan Pangkostrad bisa jadi dalam konteks kedudukan agama dalam bingkai Pancasila untuk hidup bersama di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

“Tapi dalam keyakinannya masing-masing pemeluk agama tetap yang benar hanya agama saya. Nah, dalam bingkai NKRI kita tak boleh menyalahkan agama lain apalagi menodai. Toleransi itu memaklumi bukan menyamakan,” kata Kiai Cholil Nafis dikutip dari akun twitternya, Rabu, 15 September 2021.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1405133-5-omongan-pangkostrad-letjen-dudung-yang-kontroversi

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi