5 Negara Ini Akui Kemerdekaan Indonesia, Tapi Palestina Masih Terjajah

17 August 2022, 7:52

Rabu, 17 Agustus 2022 – 06:27 WIB

VIVA Nasional – Dalam sebuah buku berjudul Aspek-aspek Negara dalam Hukum Internasional yang ditulis Huala Adolf dijelaskan, sebuah negara baru bisa dikatakan sah sebagai negara jika sudah memenuhi empat syarat. Syarat itu adalah mempunyai populasi tetap, mempunyai daerah teritorial, mempunyai struktur pemerintahan yang berdaulat dan mendapat pengakuan dari negara lain. 

Ketika proklamasi kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia sudah mempunyai tiga syarat pertama yang dibahas sebelum proklamasi. Sedangkan syarat terakhir, pengakuan dari negara lain, adalah hal yang penting untuk sebuah negara. Ketika itu, ada sejumlah negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia di masa awal, berikut ulasan selengkapnya. 

1. Mesir 

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi.

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi.

Mesir adalah negara yang mendukung dan mengakui kemerdekaan Indonesia. Hal ini tertuang dalam buku berjudul Indonesia, Islam, and Democracy yang ditulis Azyumardi Azra. Mesir memberikan pengakuan terhadap kemerdekaan Indonesia pada 22 Maret 1946. Saat itu, Perdana Menteri Mesir menandatangani kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia. 

2. Palestina

Perdana Menteri Palestina, Mohammed Ishtaye.

Perdana Menteri Palestina, Mohammed Ishtaye.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1510178-5-negara-ini-akui-kemerdekaan-indonesia-tapi-palestina-masih-terjajah

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi