5 Manfaat Olahraga Angkat Barbel, Tak Sekadar Memperkuat Otot

3 April 2022, 14:04

Anoush Belian, mengangkat barbel saat berlatih bersama pelatihnya Basil Saed saat berada di gym di Yerusalem, 20 Agustus 2015. Belian, satu-satunya peserta binaragawan asal Palestina yang mengikuti kompetisi binaraga di Israel. REUTERS/Ammar Awad

TEMPO.CO, Jakarta – Alat olahraga barbel berbagai ukuran dan berat biasanya selalu ada di fasilitas olahraga seperti tempat gym. Mengangkat barbel berguna untuk melatih otot dan persendian.

Olahraga menggunakan barbel cenderung banyak manfaat. Kebiasaan angkat barbel secara benar menambah kebugaran.

Manfaat mengangkat barbel

  1. Memperkuat otot

Mengutip WebMD, mengangkat barbel merupakan salah satu olahraga dipilih untuk membesarkan otot. Saat mengangkat beban termasuk barbel tubuh akan melawan gravitasi sehingga otot bekerja lebih kuat.  American Council on Exercise (ACE), selain merangsang pertumbuhan otot, angkat barbel juga meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas, dikutip dari Healthline.

  1. Meningkatkan aliran oksigen

Saat mengangkat barbel akan mengerahkan kekuatan otot, darah pun mengalir terpompa lebih kuat. Itu akan meningkatkan aliran oksigen dan nutrisi dalam tubuh. Mengutip Healthline, National Institutes of Health menjelaskan, latihan kekuatan seperti angkat barbel selain menguatkan otot juga mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.  

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Aktivitas mengangkat barbel membentuk massa otot tanpa lemak. Itu akan meminimalkan risiko penyakit tersebab lemak, seperti serangan jantung, stroke, atau kardiovaskular lain. Mengutip Healthline, American Heart Association juga menyarankan pasien penyakit jantung melakukan olahraga angkat barbel minimal dua kali dalam satu pekan. 

Angkat barbel tergolong olahraga berat. Saat melakukannya harus sesuai anjuran ahlinya, misalnya ukuran dan berat barbel. Jika memaksakan cara mengangkat yang salah bisa berakibat cedera. 

    4. Menurunkan berat badan 

Angkat barbel termasuk olahraga yang mempercepat pembakaran lemak sehingga bermanfaat menurunkan berat badan. American Heart Association juga menjelaskan, jika angkat barbel berguna untuk membakar kalori. 

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Mengutip Healthline, angkat barbel meningkatkan metabolisme istirahat, sehingga kebutuhan tidur tercukupi. Tubuh pun tetap bugar

TATA FERLIANA

Baca: Selain untuk Otot, Angkat Barbel Bisa Cegah Depresi dan Diabetes

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu


https://gaya.tempo.co/read/1577931/5-manfaat-olahraga-angkat-barbel-tak-sekadar-memperkuat-otot

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi