5 Kebiasaan yang Bikin Imunitas Menurun dan Mudah Kena Penyakit

22 July 2021, 13:37

Ilustrasi tidur. Unsplash.com/Kinga Cichewicz

TEMPO.CO, Jakarta – Gaya hidup sehat seperti makan dengan gizi seimbang, rutin berolahraga, tidur cukup ditambah dengan konsumsi suplemen membantu memperkuat imunitas di masa pandemi. Namun, kadang kala orang masih melakukan hal-hal yang berdampak sebaliknya. 

Inilah kebiasaan yang bisa membuat imunitas menurun. Hati-hati jika sering melakukannya. 

1. Kurang tidur

Tubuh melepaskan sitokin, sejenis protein yang membantu fungsi kekebalan tubuh. Tapi itu hanya diproduksi saat tidur. Jadi kurang tidur tidak membuat tubuh cukup memproduksinya sehingga kekebalan rubuh bisa lemah.

2. Kecemasan dan stres

Kortikosteroid, jenis hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, sering disebut sebagai hormon stres. Hormon yang diproduksi saat sedang cemas atau stres ini mengurangi efektivitas sistem kekebalan dengan menurunkan jumlah limfosit.

3. Kurangnya asupan buah dan sayuran

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung banyak seng, beta-karoten, vitamin A, C, E, dan nutrisi lain yang membantu pembentukan sel darah putih atau leukosit. Begitu pun dengan sayuran dan buah. 

4. Kurang Vitamin D 

Reseptor vitamin D hadir pada banyak jenis sel kekebalan dan berfungsi secara aktif untuk mencegah infeksi.

5. Kurang olahraga

Latihan aerobik membantu mengalirkan darah ke seluruh tubuh dengan lebih efisien. Ini berarti sel-sel dalam darah yang berfungsi melawan kuman juga akan mencapai semua organ tubuh, membuat imunitas bertambah baik. Ini sulit terjadi jika kurang olahraga. 

Baca juga: 6 Tips Untuk Memiliki Sistem Kekebalan Tubuh yang Kuat Sehari-hari


https://cantik.tempo.co/read/1485980/5-kebiasaan-yang-bikin-imunitas-menurun-dan-mudah-kena-penyakit

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi