5 Gunung dengan Suhu Terdingin di RI, Ada yang Capai Minus 10 Derajat

31 May 2022, 7:46

https: img.okezone.com content 2022 05 30 337 2602582 5-gunung-dengan-suhu-terdingin-di-ri-ada-yang-capai-minus-10-derajat-3b4y7eiNif.jpg

JAKARTAIndonesia merupakan negara yang terletak di garis khatulistiwa dengan iklim tropis. Kondisi ini menyebabkan Indonesia memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Di samping itu, Indonesia juga memiliki kekayaan alam yang indah, seperti gunung dan lautan. Gunung dan lautan ini memiliki beragam pesonanya tersendiri. Bahkan, ada wilayah pegunungan di Indonesia yang memiliki suhu ekstrem layaknya di Eropa atau Amerika. Berikut ini gunung-gunung dengan suhu terdingin di Indonesia.

1. Gunung Jayawijaya

Gunung Jayawijaya merupakan tempat di Indonesia yang terdapat salju. Puncak Jayawijaya, yang ketinggiannya mencapai 4.884 mdpl, memiliki suhu ekstrem yakni mencapai 0°C sampai -5°C pada siang hari. Pada malam hari, suhu bahkan dapat turun mencapai -10°C atau lebih. Menurut data dari BMKG, lapisan es di puncak Gunung Jayawiyaja setebal 31,49 meter pada tahun 2020. Kini, es di gunung tersebut tersisa 1 persen dari luas puncak yang mencapai 200 kilometer.

Baca juga: 4 Fenomena Alam Gunung Bertopi yang Pernah Terjadi di Indonesia, Cantik dan Langka!

Puncak Jayawijaya termasuk ke dalam Seven Summit dan ditetapkan sebagai kawasan Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Di sini juga ditemukan benda-benda laut seperti rumah kerang maupun fosil lainnya, karena menurut teori geologi sekitar 60 juta tahun lalu, wilayah Papua masih berada di dasar lautan.

Baca juga: Cari Pesawat Jatuh 80 Tahun Silam, Belasan Orang Malah Lenyap di Gunung

2. Gunung Puncak Mandala

Dahulu puncak di Gunung Puncak Mandala juga ditutupi oleh Salju, namun sejak tahun 2003 salju itu sudah mencair dan tidak ada lagi karena pemanasan global. Puncak Mandala memiliki ketinggian 4.670 mdpl, sehingga suhu di sana dapat mencapai di bawah titik beku, yaitu 0°C sampai minus tak terhingga. Di sana juga dipenuhi oleh bebatuan berukuran raksasa. Puncak Mandala terletak di sebelah Timur Puncak Trikora dan merupakan jajaran dari Pegunungan Jayawijaya. Gunung Puncak Mandala mempunyai nama lain yakni Juliana, yang merupakan pemberian dari orang Belanda yang melakukan penjelajahan di Papua.

3. Gunung Puncak Trikora

Puncak Trikora atau biasa disebut juga Puncak Wihelmina memiliki ketinggian 4.750 mdpl. Pada tahun 1936 sampai dengan tahun 1962, Puncak Trikora juga ditutupi oleh salju. Namun karena pemanasan global yang tejadi, salju di sini pun terkikis dan akhirnya menghilang. Suhu terendah di sini dapat mencapai 4 derajat Celsius.

4. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci terletak di Jambi dan berbatasan dengan Sumatera Barat, merupakan salah satu gunung berapi aktif tertinggi di Indonesia dan gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara. Gunung berketinggian 3.805 mdpl ini menjadi tujuan favorit para pendaki lokal maupun mancanegara. Di puncak Gunung Kerinci, suhu minimal yang dapat dirasakan sekitar 5°C sampai 0°C. Gunung Kerinci merupakan habitat asli dari harimau sumatera dan badak sumatera. Gunung ini termasuk juga ke dalam gugusan Bukit Barisan yang membentang dari Lampung sampai Aceh. Terdapat kawah dengan kedalaman 600 meter dan luas sekitar 48.000 meter persegi di Gunung Kerinci.

5. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl dan masuk ke dalam salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Pada siang hari, suhu di puncak Rinjani bisa mencapai 4°C dan jika di malam hari suhu turun menjadi -5°C. Gunung ini menjadi salah satu tujuan favorit para pendaki Indonesia karena keindahannya. Salah satu spot yang menarik untuk dikunjungi di Gunung Rinjani adalah danau Segara Anakan. Untuk dapat mencapai lokasi danau tersebut, pendaki mesti melewati dua desa terlebih dahulu, yakni Desa Senaru dan Desa Sembalun Lawang.


https://nasional.okezone.com/read/2022/05/30/337/2602582/5-gunung-dengan-suhu-terdingin-di-ri-ada-yang-capai-minus-10-derajat?page=1

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi