5 Fakta ASN Pemkot Surabaya dan Istri Siri Jadi Tersangka Penipuan

13 January 2022, 10:32

Kamis, 13 Januari 2022 – 10:25 WIB

VIVA –  Seorang ASN Pemkot Surabaya ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi atas kasus penipuan dan penggelapan uang hingga ratusan juta rupiah. Diketahui tersangka ASN tersebut berinisial TR (57) dan korban yang ditipu berinisial FS yang merupakan seorang warga Jalan Simo Gunung, Surabaya

Berikut fakta-fakta yang didapat dari kasus penipuan dan penggelapan uang yang dilakukan oleh ASN Pemkot Surabaya berdasarkan keterangan yang didapat dari korban dan Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Mirzal Maulana.  

Penipuan dan penggelapan uang

Berdasarkan keterangan yang diterima dari korban, oknum ASN Pemkot Surabaya tersebut menjanjikan bahwa dengan korban membayar uang sebesar Rp180 juta sebagai syarat, korban bisa masuk menjadi ASN di Dispenda Kota Surabaya. Kemudian korban menyerahkan uang tersebut secara tunai dalam dua kali yakni yang pertama Rp110 juta dan yang kedua Rp70 juta dan berkuitansi. 

Namun setelah uang tersebut dibayarkan, korban tidak masuk menjadi ASN dan tersangka tidak mengembalikan uangnya. Berdasarkan hasil pemeriksaan dari pihak kepolisian, total korban yang ditipu oleh tersangka ada 7 orang dan kerugian yang ditaksir totalnya mencapai lebih dari Rp1 miliar. 

Tersangka ditangkap polisi

Korban FS melaporkan kasus penipuan dan penggelapan uang tersebut kepada Polrestabes Surabaya. Satreskrim Polrestabes Surabaya pun akhirnya melakukan penyelidikan dan pemeriksaan terhadap 11 orang saksi. Kemudian setelah alat bukti cukup polisi menggelar perkara dan TR ditetapkan sebagai tersangka untuk ditangkap.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1440141-5-fakta-asn-pemkot-surabaya-dan-istri-siri-jadi-tersangka-penipuan?headline=1

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi