5 Embarkasi JCH Indonesia Kloter Pertama Haji 2022

30 May 2022, 15:15

5 Embarkasi JCH Indonesia Kloter Pertama Haji 2022

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag RI) mengumumkan ada lima embarkasi Jemaah Calon Haji Indonesia (JCH Indonesia) yang akan menjadi kloter pertama yang diberangkatkan ke Arab Saudi pada 4 Juni 2022 mendatang.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag RI Saiful Mujab menjelaskan kelima embarkasi Haji 2022 tersebut merupakan Solo, Jakarta-Pondok Gede, Jakarta-Bekasi, Surabaya, dan Padang.

“Insya Allah kloter pertama akan ada lima embarkasi pada 4 Juni 2022,” kata Saiful. 

Saiful menjelaskan embarkasi Solo (SOC) akan jadi yang pertama diberangkatkan menuju Arab Saudi pada pukul 00.30 WIB. Kemudian dilanjutkan oleh embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) pukul 06.45 WIB dan embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) pada pukul 07.25 WIB.

Selanjutnya, Kemenag RI akan melepas embarkasi Surabaya (SUB) pada pukul 08.30 WIB dan terakhir diberangkatkan merupakan embarkasi Padang (PDG) pada pukul 12.55 WIB.

Saiful menjelaskan pemberangkatan gelombang pertama ini nantinya akan berlangsung hingga pada 18 Juni mendatang. Sebelum berangkat, para calon jemaah juga akan ditempatkan di asrama haji terhitung mulai 3 Juni 2022.

Saiful mengatakan saat ini pihaknya masih menerapkan kebijakan lama bagi para calon jemaah haji yang akan berangkat pada tahun ini. Ia menjelaskan proses clearance dari Imigrasi akan tetap dilakukan di asrama haji sebelum para jemaah keluar menuju bandara.

Lewat proses ini, lanjut dia, para jemaah haji nantinya tidak perlu lagi melakukan pengecekan di masing-masing bandara pemberangkatan embarkasinya.

“Jadi di asrama haji itu nanti koper diperiksa ditimbang dan dipisahkan dan langsung diberikan saat di hotel di Mekkah atau Madinah. Jadi nanti jamaah mau keluar asrama haji sudah clearance dari imigrasi, tinggal naik bis ke pesawat,” tuturnya.

Kendati demikian, hal tersebut tidak berlaku bagi embarkasi yang berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Saiful menyebut nantinya para jamaah yang berangkat akan tetap menjalani pemeriksaan secara langsung oleh otoritas Arab Saudi. Para JCH Indonesia tersebut tidak perlu lagi melakukan pemeriksaan oleh imigrasi setempat ketika sudah tiba di Madinah atau Jeddah.

Sebelum berangkat, para JCH Indonesia akan memasuki asrama haji pada 3 Juni. Sementara itu, proses pemulangan jamaah haji gelombang I dan II dari Arab Saudi ke Indonesia akan dimulai pada periode 14 Juli-14 Agustus 2022.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/411518/5-embarkasi-jch-indonesia-kloter-pertama-haji-2022

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Transportasi