5 Cara Cepat Basmi Kelabang di Rumah, Singkirkan Area Lembab Jadi Kuncinya

3 November 2021, 13:58

5 Cara Cepat Basmi Kelabang di Rumah, Singkirkan Area Lembab Jadi Kuncinya

Suara.com – Nama kelabang dikenal juga sebagai kaki seribu. Namun tidak ada serangga kelabang yang benar-benar memiliki 1000 kaki, karena semua kelabang memiliki jumlah pasang kaki yang ganjil.

Ada banyak spesies kelabang yang berbeda, baik yang hidup di luar ruangan seperti tempat gelap dan lembab di bawah barang kayu dan batu. Ada pula jenis kelabang rumah yang ditemukan di dalam rumah. Dilansir dari laman Ortho, Rabu (03/11/2021), simak beberapa cara cepat basmi kelabang dari rumah Anda yang tepat dan efektif.

Apa itu Kelabang?

Kelabang memiliki tubuh yang datar dan memanjang. Ukurannya bisa mencapai 6,5 inchi atau bisa lebih panjang. Kelabang atau lipan dapat memiliki 15 hingga 177 pasang kaki tergantung pada spesiesnya. Warna coklat dan orange kemerahan adalah warna kelabang paling umum.

Baca Juga:
3 Ide Usaha Pakai Plastik Bekas Rumah Tangga, Bisa Jadi Inspirasi

Untuk kelabang rumah, memiliki panjang 1 hingga 1,5 inchi. Biasanya berwarna kuning keabu-abuan dengan tiga garis gelap di sepanjang punggungnya. Tubuh mereka memiliki 15 segmen yang masing-masing ada sepasang kaki panjang yang diikat dengan warna putih.

Kelabang rumah sifatnya soliter, artinya keberadaannya memang jarang. Mereka bisa ditemukan di area rumah yang lembap, seperti ruang bawah tanah, loteng, lemari, dan kamar mandi. Bahkan mereka bisa ditemukan di bak mandi. Mereka aktif di malam hari dan siang hari bersembunyi.

Cara Basmi Kelabang dari Rumah

  1. Bersihkan area lembab di rumah Anda secara menyeluruh, seperti ruang bawah tanah, kamar mandi, dan loteng. Singkirkan tempat persembunyiannya. Anda bisa menggunakan semprotan penghilang serangga yang dijual di toko-toko tertentu.
  2. Produk ini bisa melindungi area sekitar pintu dan jendela. Anda juga bisa menyemprotkannya di tempat-tempat sempit.
  3. Mengurangi Kelembapan. Kelabang lebih menyukai lingkungan yang lembap dan kelembapan tinggi untuk hidup. Untuk menghilangkan area lembap ini, perbaiki kebocoran air, gunakan dehumidifier untuk menjaga area lantai tetap kering. Atau bisa hidupkan kipas angin di kamar mandi atau loteng untuk membantu menghilangkan kelembapan berlebih.
  4. Membuang Tumpukan Sampah di dalam atau di luar rumah. Kelabang akan mencari ruang yang melindungi mereka.
  5. Menghilangkan tumpukan sampah akan menghalangi kelabang untuk bersembunyi.
  6. Menghilangkan Sumber Makanan. Mengendalikan serangga dan laba-laba lain di dalam rumah juga akan mengontrol kelabang karena makanan mereka terdiri dari serangga dan laba-laba.
  7. Menutup jalan masuk. Tutup lubang, retakan, dan celah di sekitar bagian luar rumah Anda agar kelabnag dan hama serangga lainnya tidak masuk ke dalam.

Itulah beberapa cara basmi kelabang dari rumah yang tepat agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Kuncinya adalah bersihkan dan kurangi area lembap di dalam rumah Anda.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Baca Juga:
Dekorasi Pernikahan Diambil Alih Kakak Mempelai, Pengantin Syok Pas Lihat hasilnya


https://www.suara.com/lifestyle/2021/11/03/112107/5-cara-cepat-basmi-kelabang-di-rumah-singkirkan-area-lembab-jadi-kuncinya

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi