4 Fakta Menarik Usai Rusia Kalahkan Finlandia di Euro 2020

17 June 2021, 0:29

4 Fakta Menarik Usai Rusia Kalahkan Finlandia di Euro 2020

Kemenangan perdana diraih Rusia pada Euro 2020 . Melawan Finlandia di matchday kedua, Rabu (16/6) malam WIB, Rusia menang dengan skor tipis 1-0.

Adalah Aleksey Miranchuk yang berhasil mencetak gol kemenangan Rusia. Sepakan kaki kirinya dari dalam kotak penalti berhasil mengoyak jala gawang Finlandia.

Kemenangan tersebut membuat asa Rusia untuk melaju ke babak 16 besar terbuka. Kini, Artem Dzyuba dan kolega berhasil berada di posisi kedua dengan tiga angka.

Kemenangan yang diraih Rusia juga menimbulkan beberapa catatan menarik. Dilansir Opta , berikut ini kami rangkum empat fakta menarik usai Rusia kalahkan Finlandia.

Tren Gemilang Melawan Finlandia Berlanjut

Pemain Timnas Finlandia Joona Toivio berebut bola dengan pemain Timnas Rusia Artem Dzyuba pada pertandingan grup B Euro 2020 di Saint Petersburg Arena, Saint Petersburg, Rusia. Foto: Kirill Kudryavtsev/REUTERS

Sebelum laga ini digelar, Rusia sudah berhasil menang di empat pertemuan terakhir melawan Finlandia. Tak cuma menang, Rusia juga produktif dengan total 15 gol dalam empat laga tersebut.

Rekor itu kembali diperuncing malam ini. Meski ya, Rusia cuma menang tipis.

Kontribusi Artem Dzyuba

Selebrasi pemain Timnas Rusia usai mencetak gol ke gawang Timnas Finlandia pada pertandingan grup B Euro 2020 di Saint Petersburg Arena, Saint Petersburg, Rusia.
Foto: Dmitri Lovetsky/Pool/REUTERS

Dzyuba menyumbang assist untuk gol Miranchuk. Sodorannya mampu diteruskan lewat sepakan kaki kiri oleh pemain milik Atalanta itu.

Nah, assist dari Dzyuba menambah rentetan kontribusi sang kapten untuk negaranya. Opta mencatat ada 22 kontribusi Dzyuba untuk Rusia dalam 21 laga terakhir. Rincinya, penyerang berusia 32 tahun itu membuat 14 gol dan delapan assist.

Akhirnya Rusia Clean Sheet

Pemain Timnas Rusia Igor Diveyev berebut bola dengan pemain Timnas Finlandia Teemu Pukki pada pertandingan grup B Euro 2020 di Saint Petersburg Arena, Saint Petersburg, Rusia. Foto: Kirill Kudryavtsev/REUTERS

Lini belakang Rusia patut diacungi jempol di laga kali ini. Mereka mampu tampil rapat dan membuat Finlandia kesulitan untuk membuat gol.

Ini merupakan kali pertama Rusia clean sheet di ajang Euro sejak terakhir pada 2008. Saat itu, Rusia clean sheet melawan Swedia.

Memimpin Babak Pertama Selalu Menang

Rusia punya rekor apik kalau bisa unggul di babak pertama. Sepanjang Euro, Rusia tak pernah kalah ketika unggul di babak pertama.

Rincinya, mereka lima kali unggul di babak pertama dan berhasil menang empat kali dan cuma sekali tumbang. Melawan Finlandia, Rusia unggul di babak pertama tepatnya di menit ke-45+1.

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi