2 Anak di Kabupaten Bandung Diduga Kena Gangguan Ginjal Akut

23 October 2022, 23:20

AKURAT.CO Penyakit ginjal akut atipikal (Acute Kidney Injury/AKI) tengah menjadi sorotan publik di Indonesia. Pasalnya, kasus gangguan ginjal akut tersebut telah mencapai angka 241 orang dengan angka kematian 133 jiwa.
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung mengingatkan masyarakat untuk segera melakukan antisipasi jika anak mengalami gejala-gejala penyakit gangguan ginjal akut atipikal.
Kepala Dinkes Kabupaten Bandung Grace Mediana Purnami menuturkan, agar masyarakat jangan menunggu terlalu lama jika anak terlihat mengalami gejala penyakit itu. Adapun gejalanya yang perlu diawasi itu yakni demam, batuk, pilek, diare, dalam waktu yang lama yakni 14 hari.

baca juga:

“Yang penting adalah antisipasi bagi masyarakat, bagi yang terkena penyakit tersebut cepat, dirujuk, jangan nunggu-nunggu,” kata Grace sebagaimana dikutip Sabtu (21/10/2022).
Dia menjelaskan, saat ini di Kabupaten Bandung sudah ada dua pasien yang diduga mengalami gangguan ginjal akut atipikal. Kedua anak tersebut berusia di bawah 12 tahun.

Dari dua anak tersebut, satu di antaranya masih dalam keadaan yang aman, sedangkan seorang lainnya diketahui mengalami gejala yang cukup berat.
Di samping itu, Grace juga mengingatkan para tenaga kesehatan di berbagai tingkatan fasilitas kesehatan untuk segera menangani ketika mengetahui ada pasien yang mengalami gejala gangguan ginjal akut.
“Dan jangan memberikan obat-obat yang sudah diinstruksikan (pantangan) dari Kementerian Kesehatan. Jangan memberi obat sirop penurun panas,” jelasnya.

Menurut Grace, pihaknya pun tidak menyiapkan ruangan khusus untuk penanganan penyakit gangguan ginjal akut atipikal itu. Pasalnya, kata dia, penyakit itu tidak menular dan berbeda dengan Covid-19.
“Dan angka yang terkenanya juga tidak banyak, jadi soal tempat itu ada semua, tidak perlu tempat khusus tapi siap antisipasi untuk penanganan,” tandasnya. []

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi