176 Obat Sirop Aman Dikonsumsi, 69 Jenis Masih Diperiksa

25 October 2022, 8:14

BOGOR – Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Erna Nuraena menyebut, sebanyak 176 jenis obat sirop di Kota Bogor dinyatakan steril dari cairan yang diduga memicu gagal ginjal akut pada anak dan aman digunakan.
“Sudah ada list terbaru dari BPOM ada 176 jenis obat yang sudah selesai dilakukan pemeriksaan dan sudah boleh digunakan kembali. Dan 69 jenis obat sirop yang masih tahap pemeriksaan,” ungkapnya pada Senin, 24 Oktober 2022.
Namun, walaupun sudah dinyatakan aman penggunaannya, dirinya mewanti-wanti pihak farmasi agar tetap berhati-hati dalam memberikan obat sirop untuk pasien anak-anak jika tanpa anjuran atau resep dokter.
Pihaknya menekankan, bagi orang tua yang ingin membeli obat sirop dianjurkan untuk melalui pengawasan dokter dan sebagainya.
“Alhamdulillah sampai saat ini belum ada kasus yang dinyatakan GGA (gejala ginjal akut). Namun, kita terus koordinasi dengan seluruh faskes untuk tingkatkan kewaspadaan,” paparnya.
Untuk itu, sambung dia, pihaknya akan terus melakukan sejumlah upaya untuk mengedukasi ke masyarakat terkait pencegahan dini maupun cara mengenal tanda-tanda jika terjangkit.

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi