121 Napi di Kaltim dan Kaltara Bebas pada Hari Kemerdekaan, Diminta Jangan Kembali

17 August 2022, 1:34

121 Napi di Kaltim dan Kaltara Bebas pada Hari Kemerdekaan, Diminta Jangan Kembali
Ilustrasi penjara. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com – Kementerian Hukum dan HAM memberikan pengurangan masa hukuman atau remisi umum Hari Kemerdekaan kepada 8.630 narapidana yang menghuni Lapas dan Rutan di Kaltim dan Kaltara. Sebanyak 121 orang di antaranya langsung bebas pada peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia pada Rabu (17/8) besok.

Ke-8.630 narapidana yang mendapat remisi tersebar di 13 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lapas dan Rutan. Rinciannya, 8.509 orang mendapat remisi umum (RU)-1 dan 121 orang mendapat RU-2 dan langsung bebas.

taboola mid article

Berdasarkan jumlah penerima, narapidana yang mendekam di Lapas Kelas IIA Balikpapan paling banyak mendapatkan remisi. Totalnya 1.234 orang.

“RU-1 adalah yang mendapatkan remisi dan belum bebas. Sedangkan RU-2 setelah dipotong remisi akhirnya bebas,” kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kaltim-Kaltara Jumadi kepada merdeka.com, Selasa (16/8).

2 dari 3 halaman

Syarat Remisi

Jumadi menerangkan, narapidana yang berhak mendapat remisi telah menjalani masa pidana lebih dari 6 bulan sejak putusan dinyatakan inkrah. Selain itu, yang mendapatkan remisi juga harus berkelakuan baik dalam satu tahun terakhir dan rutin mengikuti kegiatan pembinaan yang diwajibkan.

“Karena kan tidak semua diwajibkan. Contohnya, kalau muslim, dia ikut pengajian, salatnya aktif. Bagi nasrani, mungkin hari Minggu ke gereja dan lainnya,” jelas Jumadi.

“Dan mereka tidak pernah melakukan pelanggaran atau mendapatkan sanksi yang ditetapkan masing-masing UPT. Remisi itu berlaku besok 17 Agustus,” tambah Jumadi.

3 dari 3 halaman

Jangan Datang sebagai Terpidana

Saat ini ada 12.850 warga binaan di 13 Rutan dan Lapas yang ada di Kaltim dan Kaltara. Jumlah itu melebihi kapasitas Rutan dan Lapas hingga 339 persen.

Sebelumnya pada, remisi umum hari ulang tahun ke-76 kemerdekaan RI tahun 2021, ada 6.335 orang warga binaan di 13 UPT Lapas dan Rutan di Kaltim dan Kaltara yang mendapatkan pengurangan hukuman itu. Rinciannya yang mendapatkan RU-1 ada 6.254 orang dan 101 orang yang mendapatkan RU-2.

Jumadi meminta narapidana yang bebas agar tidak lagi datang ke Lapas dan Rutan dengan status sebagai terpidana.”Kalau datang untuk menengok teman silakan. Tapi jangan bawa surat penahanan. Iya, jangan kembali. Karena semua pengalaman itu pasti ada hikmahnya. Tinggal kita kapan bisa ambil hikmah itu,” tutup Jumadi. [yan]

Baca juga:
Hari Anak Nasional, 57 Anak di LPKA Jateng Terima Remisi
Fakta Lengkap Tahanan Bisa Selfie di Sel Pakai Topi Polisi, Pakai HP Siapa?
Peringatan Hari Anak, 52 Napi Anak di Bandung dapat Remisi
Eks Napi Ungkap Tahanan Pedofil Wajib Habis Dalam Penjara, Dipelonco & Babak Belur


https://www.merdeka.com/peristiwa/121-napi-di-kaltim-dan-kaltara-bebas-pada-hari-kemerdekaan-diminta-jangan-kembali.html

 

Tokoh

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi